[VIDEO] PT Timah Investigasi Terbakarnya KIP KM Krakatau Tin

Video kebakaran KIP Krakatau Tin. (Ist)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Kapal Isap Produksi (KIP) KM Krakatau Tin milik PT Timah yang terbakar di kawasan Perairan Muara Air Kantung Sungailiat, Kamis (11/4/2019) diduga berasal dari korsleting listrik pada mesin penggerak pengambil biji timah, meski tidak ada korban jiwa kerugian ditafsir hampir mencapai Rp 1 Milyar. 

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 09.45 WIB, saat kapal sedang beroperasi, menurut salah seorang pekerja, api tiba-tiba muncul dari arah mesin penggerak pengambil biji timah.

"Kejadian itu cepat pak, awalnya mucul asap hitam, tapi mungkin di tiup angin, langsung muncul asap hitam, dan langsung muncul kobaran api,kita langsung memadamkan api dengan APAR, tapi apinya sangat besar," kata salah seorang pekerja yang enggan menyebutkan namanya. 

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun beberapa crew tampak mengalami luka bakar ringan terkena percikan api saat handak memadamkan api.

Kobaran api pun langsung menjalar ke atas di bagian ruang Kapten kapal serta ruang control kapal hingga ludes terbakar.

Sat Polair Polres Bangka yang tiba dilokasi tampak api sudah bisa di padamkan, Dirpolairrud Polda Babel, Kombes Zainul langsung meninjau titik-titik kebakaran.

"Saat mendapatkan informasi, kita dari Sat Polair Polres Bangka dan Direktorat Polair Polda Babel langsung medatangi lokasi, namun saat kita tiba api sudah berhasil di padamkan, hanya terlihat crew kapal terus menyemprotkan air di sejumlah titik-titik api," kata Kasat Polair Polres Bangka, AKP Elpiandi seizin Kapolres Bangka, AKBP Budi Ariyanto SIK di Sungailiat usai meninjau kondisi kapal. 

Ditambahkanya untuk penyebab kebakaran belum bisa dipastikan berasal dari mana, tapi berdasarkan informasi dari pihak PT Timah mereka akan menurunkan tim untuk menyelidiki penyebab KIP ini terbakar. 

"Tidak ada korban jiwa, semua crew berhasil selamat," jelasnya. 

Terkait hal ini pihak PT Timah Tbk melalui Kabid Komunikasi Perusahaan, Anggi Siahaan membenarkan adanya kejadian ini, pihaknya pun sudah mengatasi kebakaran dan akan melakukan investigasi penyebab kebakaran. 

"Betul terjadi kebakaran di KIP Krakatau Tin, di Perairan Air Kantung sekitar pukul 08.00 wib tadi pagi, dan untuk tim evakuasi sudah turun untuk meminimalisir dampak kebakaran," kata Anggi. 

"Api sudah berhasil dipadamkan dan kita lakukan juga investigasi penyebab kebakaran dan tentunya berkoordinasi dengan inspektur tambang sesuai ketentuan," tambahnya. (Dwi H Putra/wowbabel)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL