Albana : 17 April Mari Memilih Orang Baik

Video profil Albana alias Abeng. (*)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Albana, sosok ayah berusia 48 tahun ini begitu bersahaja. Sejak subuh dia sudah memulia aktivitas di kediamannya yang terletak di komplek Griya Bangka Pos kota Pangkalpinang. Sesekali dia membuatkan sarapan untuk keluarganya, meskipun hanya menu nasi goreng. Albana memang sudah dididik mandiri oleh orang tuanya.

Suami dari Diah Sulistyoningsih ini, memulai aktivitas rutinnya mengantarkan si buah hati, putera tercinta bernama Muhammad Faiz ke sekolah. Sementara puteri pertamanya, Andifa Khalida Azzahra saat ini sedang mengenyam pendidikan di salah satu universitas ternama di pulau Jawa.

Albana dan keluarga. (*)

Usai mengantar anak ke sekolah, Albana langsung menuju ke kantor tempat dia bekerja di salah satu media online lokal di kota Pangkalpinang. Dunia jurnalistik memang dekat dengan Albana. Sejak kuliah di IKIP sekerang UNJ Jakarta tahun 1989, dia sudah terlibat di pers kampus hingga dia menamatkan pendidikan di jurusan Pendidikan Sejarah pada tahun 1994.

“Tinggal dulu di Sungailiat. Sempat sekolah di SD 3, SMP Citra, SMA 1 Sungailiat. Tahun 1989 Melanjut pendidikan di IKIP (UNJ) Jakarta mengambil jurusan Pendidikan Sejarah,” ungkapnya.

Lulus kuliah, Albana yang akrab disapa Abeng sempat menjadi Guru dan mengajar di Lab School Jakarta selama satu tahun.

“1994 selesai kuliah, dan tidak mengambil pekerjaan sesuai pendidikan. Sejak kuliah aktif di pers kampus, jadi lebih memilih pekerjaan di media. Sempat jadi guru di Lab School jakarta setahun. Lalu di LSM WWF di Riau sampai 1999, kemudian bekerja sebagai wartawan profesional di Jakarta. Pulang ke Bangka di Bangka Pos dari tahun 2001 sampai 2010, terakhir sebagai Redaktur Pelaksana,” ungkap Abeng.

Bagi Albana, menjadi wartawan bukan hanya sebuah pekerjaan belaka tetapi panggilan jiwa. Setelah memutuskan berhenti di Bangka Pos, tahun 2011 wartawan senior ini mendirikan Koran Babel yang berhasil eksis hingga tahun 2016. Medio 2016, dia mendirikan wowbabel.com hingga sekarang.

“Sudah aktif di pers kampus mulai tahun 1990 sampai selesai. Panggilan hati bekerja di media, karena pada saat itu, media adalah salah satu pilar keempat dalam sistem demokrasi. Negara ini dengan sistem totaliter, medialah sebagai salah satu pilar untuk mengontrol,” ujarnya.

“Di media kita berada di luar sistem, kita tidak bisa memberikan kontribusi yang maksimal. Tapi ketika berada di politik, akan lebih maksimal memperjuangkan aspirasi,” imbuh Albana dengan senyum khasnya.

Berangkat dari keresahan tersebut, anak ke 5 dari 7 bersaudara dari seorang ayah keturunan Maros Sulawesi Selatan, Albana ingin mendedikasikan dirinya untuk berbuat lebih ke masyarakat. Saat ini dia tercatat sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPRD kabupaten Bangka dapil Sungailiat dari PDIP nomor urut 5.

“Saya sederhana, se-sederhana namanya. Saya ingin memperkuat lembaga legislatif (DPRD) di daerah, memperkuat pengawasan jalannya pemerintahan, memaksimalkan fungsi dewan di bidang penganggaran. Yang pastinya bagaimana memperjuangkaan aspirasi rakyat yang diimplementasikan dalam kebijakan-kebijakan pemerintahan. Di legislatif memang perannya tiga itu, Legislasi, Budgeting, Controling,” paparnya.

Meski terbilang baru terjun ke dunia politik, Albana sudah memiliki pengalaman dan jaringan yang luas di percaturan politik lokal maupun nasional. Tahun 2014, Albana menjadi Ketua Relawan Capres Joko Widodo - Jusuf Kalla di Babel. Tangan dingin Albana menghantarkan pasangan JK meraih suara terbanyak Pilpres di Babel.

Pada Pilgub Babel tahun 2017 dia menjadi Manajer Rustam Effendi yang berpasangan dengan M. Irwansyah. Dia juga saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua bidang Komunikasi Politik & Agitasi Propaganda di struktur DPD PDI Perjuangan Babel periode 2015-2020. Saat ini Abeng masuk di posisi penting tim pemenangan Capres Jokowi-Ma'ruf Amin wilayah Babel.

Pengalamannya di partai politik mengantarkannya harus bertemu dengan petinggi parpol tingkat nasional.

“Warga sungailiat yang ingin melihat DPRD yang baik ke depan, pada tanggal 17 April nanti, mari memilih orang-orang yang baik. Pilih saya nomor 5, Albana,” ajaknya. (muri/wowbabel)

 

Profil

ALBANA

TTL : Sungailiat, 12 Juli 1970

Alamat : Griya Bangka Pos Taman Kota Jalan Pulau Pelepas nomor B.12 RT 018/001 Kelurahan Air Itam Kecamatan Bukit Intan, kota Pangkalpinang

Istri: Diah Sulistyoningsih

Anak : Andifa Khalida Azzahra & Muhammad Faiz



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL