Caleg Meninggal Dunia di Basel Raup Ribuan Suara

Aston    •    Sabtu, 27 April 2019 | 21:53 WIB
Lokal
Amri, Ketua KPU Basel. (Astoni/wowbabel)
Amri, Ketua KPU Basel. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Meski sudah meninggal dunia, Caleg DPRD Provinsi Babel daerah pemilihan Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Syamsuhardi Syamsudin menjadi pendulang suara potensial pada Pemilu 17 April lalu.

Caleg dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu meraih seribu lebih suara.

"Kurang lebih 1.200 suara," kata Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Bangka Selatan, Erwin Asmadi, Sabtu (27/4/2019). 

Syamsuhardi Syamsudin meninggal dunia saat pencalegan. Politisi PDIP itu meninggal dunia pada bulan Februari 2019 yang lalu karena sakit. Ia merupakan anggota DPRD Provinsi Babel sekaligus menjabat Ketua Fraksi- PDI Perjuangan. 

Kendati sudah meninggal dunia, nama Syamsuhardi Syamsudin masih muncul pada surat suara pemilihan DPRD Provinsi Babel Dapil Bangka Selatan. Oleh karena itu, masih banyak masyarakat Bangka Selatan yang memilih Syamsuhardi, bahkan terbilang cukup signifikan. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan, suara Syamsuhardi Syamsudin dianggap sah, namun beralih ke suara Partai. 

"Secara aturan tetap sah tapi beralih ke suara Partai," kata Ketua KPU Bangka Selatan, Amri. 

Nama Syamsuhardi masih muncul di kertas surat suara, lantaran surat suara sudah lebih dulu tercetak sebelum akhirnya  pencalegan Syamsuhardi Syamsudin di coret sebagai DCT karena meninggal dunia. 

"Ada surat pencoretan DCT atas nama Syamsuhardi Syamsudin, memang di kertas suara masih ada karena surat suara sudah tercetak," terang Amri. (Astoni/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE