Pleno KPU Bangka Dimulai Hari Ini

Suasana rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Bangka. (Dwi HP/wowbabel)
Suasana rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Bangka. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka mulai melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Bangka. 

Ketua KPU Kabupaten Bangka, M Hasan, mengatakan kegiatan ini sebenarnya sudah dilaksanakan mulai 17 April 2019 setelah pencoblosan dimulai dari tingkat TPS, PPS, PPK dan saat ini ditingkat KPU Kabupaten Bangka.

"Jadi rekapitulasi perolehan suara sudah dimulai setiap tahapan, saat ini dilaksanakan tingkat kabupaten oleh KPU," kata M Hasan di Sungailiat, Rabu (1/5/2019). 

"Dalam rapat pleno terbuka ini saksi pasangan atau partai politik bisa mengajukan komplain disertai buktinya," imbuhnya.

Pihaknya berharap rapat pleno terbuka ini kendati adanya protes dari saksi pasangan atau partai politik, tetapi bisa berjalan aman, lancar dan kondusif. 

Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Corry Ihsan, mengatakan pelaksanaan tahapan Pemilu 2019 berjalan aman dan lancar tingkat Kabupaten Bangka, diharapkan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara pun bisa berjalan damai dan diterima dengan kepala dingin. 

"Bawaslu terus melakukan pengawasan mulai dari tahapan awal hingga saat ini, ada beberapa catatan yang kami teruskan ke KPU, sebab Bawaslu bekerja sesuai dengan tugasnya," kata Corry Ihsan. 

Menurutnya bebarapa laporan yang disampaikan ke Bawaslu Bangka terkait penghitungan di TPS, dan rekapitulasi di tingkat PPS dan PPK.

"Nah, di rapat pleno ini partai politik bisa protes disertai buktinya," paparnya. 

Diakui Corry Ihsan secara nasional baik Bawaslu dan KPU menjadi sorotan negatif, tapi di daerah tidak seperti itu, sebab sudah diantisipasi dari awal dengan koordinasi bersama semua pihak untuk menjaga kondusifitas, dengan demikian proses demokrasi di Kabupaten Bangka berjalan dengan baik. (DWI HP/WB)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL