Bawaslu Babel Temukan Data yang Tak Sinkron

Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan.(fn/wb)
Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan.(fn/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com --Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edi Irawan menilai, ada data pemilih yang tidak sinkron di Kabupaten Bangka Selatan dan Belitung Timur.

Hal itu disampaikan Edi, disela-sela acara rekapitulasi pleno terbuka dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara tingkat Provinsi Bangka Belitung Pemilu 2019, di Sahid Hotel Bangka, Minggu (5/5/2019).

"Kita melihat ada beberapa yang memang tidak sinkron terutama pada data pemilih baik itu DPT, DPTb dan DPK pada rekap di beberapa Kabupaten yang sudah dibacakan oleh KPU, ada selisih data," kata Edi.

Selain itu menurutnya, tidak hanya penyingkronan data, KPU Provinsi Babel juga harus melakukan perbaikan rekap di tingkat provinsi.

"Ini yang harus, dengan dilakukan penyingkronan oleh KPU sekaligus harus ada pembetulan juga dan rekap di tingkat provinsi, jadi kita melihat hanya terkait data itu saja," ungkapnya.

Edi juga menambahkan, terkait dengan data perolehan suara dari beberapa kabupaten/Kota yang sudah dibacakan, secara keseluruhan tiap peserta pemilu sama sekali tidak ada selisih perbedaan.

"Tidak ada perbedaan sama sekali, dalam arti memang hasil yang dibacakan KPU provinsi itu sesuai dengan rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota," jelasnya.

Lebih lanjut Edi menjelaskan dari hasil, penghitungan suara untuk Kabupaten Bangka Tengah tidak ada permasalahan. "Kalau Bangka Tengah itu tidak jadi persoalan, sudah clear," tukasnya.

Sebelumnya pada hari pertama KPU provinsi Babel, komitmen akan menyelesaikan rekapitulasi dari empat Kabupaten yang ada di daerah Babel.

Ketua KPU Babel Davitri mengatakan dihari pertama pihaknya akan menyelesaikan rekapitulasi dari empat kabupaten, yakni Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung Timur dan Bangka Barat.

"Kita menjadwal yang telah ditentukan KPU Babel, menggelar rapat pleno terbuka dan rekapitulasi penetapan hasil penghitungan perolehan suara tingkat Provinsi Bangka Belitung ini selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 5 sampai dengan 7 Mei 2019," tandas Davitri.(fn/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE