PDIP Babel : Kursi Ketua Dewan Ditentukan Fit and Proper Test

Yayuk    •    Senin, 06 Mei 2019 | 21:38 WIB
Pilkada
Didit Srigusjaya, Ketua DPD PDIP Babel. (Muri/wowbabel)
Didit Srigusjaya, Ketua DPD PDIP Babel. (Muri/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bangka Belitung (Babel) kembali mendulang kejayaan di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Bahkan partai besutan Megawati Soekarno Putri itu digadang-gadang akan menduduki pucuk pimpinan legislatif di tujuh kabupaten/kota di Babel.

Menanggapi kabar tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Babel, Didit Srigusjaya mengaku sangat bersyukur atas raihan ini. Memang, kata Didit, PDIP unggul berdasarkan data yang dipegang pihaknya dari hasil pleno masing-masing Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota.

"Alhamdulillah dan Insya Allah untuk posisi ketua DPRD (kabupaten/kota) akan diduduk kader PDIP, termasuk yang di provinsi meski baru pleno tanpa mendahului, kami berkeyakinan tetap mempertahankan 10 kursi dan peningkatan di perolehan suara," ujarnya ketika dijumpai, Senin (6/5/2019) kemarin

Hanya saja kata Didit, siapa kader yang akan duduk di posisi ketua DPRD kali ini tidak serta merta mereka yang duduk di jabatan strategis di struktur organisasi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) seperti ketua, sekretaris maupun bendahara. Melainkan ada fit and proper tes yang menentukannya, dan secara tak langsung membuka peluang untuk kader lainnya.

"Ini wewenangnya DPP (Dewan Pimpinan Pusat) PDIP, fit and proper tesnya dilakukan bersama asosiasi psikologi Indonesia. Ini juga diterapkan untuk se-Indonesia, pesertanya ketua, sekretaris dan bendahara (DPC), boleh juga yang lain jika hanya ketuanya saja yang lolos nyaleg, sekretaris dan bendaharanya enggak," jelasnya.

Ia menerangkan tujuan fit and proper tes untuk posisi ketua untuk melihat sisi ilmu, psikologi dan karakter kader yang akan menduduki jabatan tersebut. 

"Jadi hakikinya PDIP tidak ingin pimpinan itu diisi sembarangan. Makanya harus ada fit and proper tes, sehingga ada dampak baik untuk partai disaat mereka memegang pimpinan dewan," imbuhnya. (Yayuk/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE