Pemkab Basel Sidak Pasar Tekan Kenaikan Harga Sembako

Firman    •    Sabtu, 11 Mei 2019 | 05:13 WIB
Lokal
Tim gabungan di Bangka Selatan melakukan sidak ke Pasar Tradisional Toboali untuk memantau harga bahan pokok. (as/wb)
Tim gabungan di Bangka Selatan melakukan sidak ke Pasar Tradisional Toboali untuk memantau harga bahan pokok. (as/wb)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan inpeksi mendadak (sidak) guna menekan harga kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan tahun 2019.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi melalui Kabid Ketahanan Pangan, Fitri Laila di Toboali, Sabtu mengatakan sidak ini dilakukan bersama dengan Dinas Penanaman Modal, Perijinan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian dan Perdagangan (DPMPTSPPERINDAG) Basel dan pihak Polres Basel di Pasar Induk Terminal Toboali pada Jumat Pagi.

"Sidak tersebut kami lakukan lantaran adanya lonjakan harga beberapa jenis bahan pokok selama Ramadhan salah satunya harga bawang putih yang mencapai Rp80 ribu perkilo gram," katanya.

Dari hasil sidak yang telah dilakukan harga bawang putih di tingkat pengecer di pasar induk terminal Toboali sudah mengalami penurun drastis yakni dari Rp80 ribu per kilogram turun menjadi Rp50 ribu per kilogram.

"Per hari ini hasil sidak kami Jumat pagi harga bawang putih sudah normal yakni Rp50 ribu ditingkat pengecer di pasar induk terminal Toboali. Sebelumnya memang sempat naik hingga Rp80 ribu per kilogram. Stok bawang putih juga sekarang mulai banyak, InsyaAllah bisa mencukupi kebutuhan di daerah kita," katanya.

Sedangkan untuk harga bahan pokok lainnya tutup Fitri masih stabil bahkan ada yang mengalami penurunan dibawah HET seperti ayam potong dan beras.

"Yang masih agak tinggi itu cuma harga cabe rawit lokal kita yang tembus hingga Rp90 ribu karena memang stoknya sedikit sedangkan pembelinya banyak, tapi kan masih ada solusi cabe rawit luar yang harganya masih normal dan stoknya juga masih banyak," katanya. (ADV)



MEDSOS WOWBABEL