Toboali Miliki Sentra Kuliner Perikanan

Peresmian Sentra Kuliner Perikanan di Toboali. (Ist)
Peresmian Sentra Kuliner Perikanan di Toboali. (Ist)

TOBOALI, ADVERTORIAL - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus menancapkan diri sebagai daerah wisata yang layak dikunjungi wisatawan. Segala upaya terus dilakukan pemerintah setempat guna menarik wisatawan. 

Sentra Kuliner Perikanan tersebut dibangun Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) dan telah diresmikan beberapa waktu yang lalu. Dan pembangunan tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan. 

Sentra Kuliner Perikanan tersebut sangat strategis dibangun di wisata bahari pantai Batu Kapur, mengingat pantai tersebut tak jauh dari jantung kota Toboali. Selain itu, Pantai Batu Kapur yang terletak di Kelurahan Tanjung Ketapang itu memang merupakan daerah penghasil ikan. 

Menurut Direktur Pemasaran Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Mahcmud selaku pejabat yang meresmikan Sentra Kuliner tersebut, tujuan dibangunnya sentra kuliner perikanan untuk menciptakan kolaborasi kegiatan Perikanan dan Kepariwisataan.

"Untuk memajukan Sentra Kuliner Perikanan ini diperlukan Kolaborasi atara kegiatan pariwisata dan perikanan, salah satunya dengan mencari produk makanan unggulan berbahan ikan yang menjadi ciri khas daerah sini sehingga nantinya dapat mengundang daya tarik pengunjung untuk datang berbelanja makanan khas tersebut disini," ujarnya. 

Ia mengatakan, Keberadaan sentra kuliner dapat menjadi pusat oleh oleh khas daerah berbahan baku ikan sekaligus menjadi sentra bisnis kelautan dan perikanan di Kabupaten Bangka Selatan yang menyediakan aneka kuliner ikan khas daerah yang bermutu, aman dikonsumsi dan terjangkau harganya.  

Ia menambahkan bahwa dengan adanya sentra kuliner ikan  diharapkan dapat mendorong masyarakat, utamanya kaum milenial untuk gemar mengkonsumsi ikan.

Sementara itu, Bupati Basel Justiar Noer melalui Plt Sekda Agus Pratomo, mengatakan, Pemkab Basel mengucapkan terima kasih atas dibangunnya Sentra Kuliner Perikanan Batu Perahu oleh KKP RI melalui anggaran Kementerian KKP tahun 2018.

"Saya mewakili Pemkab Basel mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kementerian KKP RI yang telah membangun sentra kuliner perikanan di kabupaten kami, semoga bisa memberikan manfaat baik bagi masyarakat maupun pelaku usaha kuliner perikanan," Harap Agus

Sedangkan Kepala DPPP Basel drh. Suhadi, MM berharap selain mendukung kepariwisataan, dengan adanya sentra kuliner perikanan tersebut bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar yang menggeluti usaha kuliner perikanan. 

"Saya berharap kedepan nantinya sentra kuliner perikanan ini bisa menjadi wadah bagi para Pelaku usaha kuliner perikanan yang berujung pada meningkatnya taraf hidup para pelaku usaha kuliner perikanan tersebut dan juga dapat meningkatkan konsumsi ikan oleh masyarakat serta dapat mendukung pengembangan pariwisata Bangka Selatan," tukasnya. (Adv/Astoni)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL