Embung Rp34,3 Miliar Dibangun di Babel

Ilustrasi Embung. (*)
Ilustrasi Embung. (*)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakayat (PUPR) tahun 2019 akan membangun tiga embung di Provinsi Bangka Belitung. Proyek embung dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di Babel.

Adapun tiga embung yang bakal dibangun itu yakni Embung Kolong Pumpung di Kabupaten Bangka Selatan, Mempaya dan Kolong Tebat Gadung di Kabupaten Belitung Timur. 

Biaya pembangunan tiga embung tersebut sebesar Rp34,3 miliar.

Selain pembangunan embung, Kementerian PUPR juga tahun lalu sudah merampungkan pembangunan saluran irigasi di Babel. Program ini bagian dari pembangunan jaringan irigasi baru seluas 1 juta hektare, dan merehabilitasi irigasi seluas 3 juta hektare pada periode 2015-2019.

Di Bangka Belitung, Kementerian PUPR telah menyelesaikan Rehabilitasi Daerah Irigasi (DI) Selinsing di Kabupaten Belitung yang telah dikerjakan tahun 2016-2018 dengan anggaran Rp15,1 miliar. 

Luas potensial mencapai 3.000 hektare, baru berfungsi 1.455 hektare. Di Selinsing memiliki panjang saluran irigrasi primer 4,6 km dan saluran sekunder 5,8 km.

Di Kabupaten Bangka Selatan, Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan rehabilitasi Bendung Metukul di Daerah Irigasi Rias dengan biaya Rp15,1 miliar.

Disamping memperbaiki jaringan irigasi, Kementerian PUPR juga membangun tampungan-tampungan air salah satunya kolam konservasi Kolong Mempadin di Kabupaten Belitung. Proyek ini telah selesai dikerjakan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) VIII, Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) pada Oktober 2018 dengan anggaran sebesar Rp2 miliar. 

Kolam konservasi memiliki kapasitas tampung 153.000 m3 dan luas genangan 4 hektare, memiliki manfaat untuk menyuplai air baku dengan kapasitas 40 liter/detik.

"Banyak saluran irigasi kita yang sudah dibangun pada masa lalu hingga kini belum pernah dilakukan rehabilitasi. Saat ini kita lakukan perbaikan agar pelayanan irigasi tidak menurun," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengutip Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Rabu (15/5/2019). (na/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL