Merugi, Garuda Tutup Rute Singapura-Belitung

Logo Garuda Indonesia (net)
Logo Garuda Indonesia (net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menutup rute penerbangan Singapura - Belitung.

Rute yang dilayani sejak Oktober 2018 itu membuat Garuda merugi setiap bulan. Maskapai milik negara inipun berencana menutup dan mengurangi beberapa rute yang dianggap merugikan. 

Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara menjelaskan penutupan atau pengurangan rute salah satunya lantaran perusahaan tak sanggup lagi memberikan subsidi atas rute-rute tersebut.

"Untuk penerbangan ke Amsterdam nanti akan kita tutup yang awal 6 penerbangan, jadi 3 penerbangan saja. Hanya Indonesia yang ada TBA dan TBB (Tarif Batas Bawah)," ujar pria yang akrab disapa Ari Askhara itu di Gedung DPRI, Senin (21/5/2019).

Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah menambahkan, pihaknya juga sudah menutup beberapa rute. Selain itu ada beberapa rute yang juga tengah dievaluasi sebelum diputuskan untuk ditutup.

Menurut hitung-hitungan manajemen Garuda, jika saja TBA diturunkan hingga 35%, perusahaan bisa menderita kerugian hingga US$ 18 juta. Sementara jika penurunannya hanya 15%, perusahaan masih bisa impas.

"Tanggal 1-12 April kemarin diminta turun, kasih promosi sampai 35-50%. Itu kami rugi US$12 juta selama 12 hari," tuturnya. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL