Pemkab Basel Siapkan Tiga Kapal Cepat Mudik Antar Pulau

Aston    •    Selasa, 28 Mei 2019 | 14:46 WIB
Lokal
Pelabuhan penyeberangan antar pulau di Pelabuhan Sadai, Bangka Selatan.(as/wb)
Pelabuhan penyeberangan antar pulau di Pelabuhan Sadai, Bangka Selatan.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com --  Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan, menyiapkan tiga armada kapal cepat milik pemerintah untuk melayani masyarakat yang hendak mudik antar pulau di kabupaten setempat.

Kepala Bidang Perhubungan Laut, Maryono mengatakan, tiga kapal yang disiapkan pemerintah yakni, kapal cepat Junjung Besaoh sebanyak dua unit dan satu unit kapal cepat Seniur milik Pemerintah Pemkab Basel.

"Lita siapkan tiga kapal cepat, Junjung Besaoh 1, Junjung Besaoh 2 dan Seniur untuk antisipasi tingginya permintaan masyarakat yang hendak menyebrang ke daerah kepulauan ," kata Maryono, Selasa (28/5/2019).

Ketiga kapal cepat tersebut ditempatkan di Pelabuhan Sadai, Kecamatan Tukak Sadai, Bangka Selatan. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang  yang hendak menyebrang dari Pelabuhan Sadai ke Kepulauan Pongok dan Lepar Pongok.

"Jika dibutuhkan akan kita operasikan jangan sampai masyrakat tidak bisa menyebrang, " tururnya

Maryono  mengatakan, moda transportasi antar pulau dari Sadai tujuan Kepulauan Pongok terdapat satu unit KM Banawa. Dalam satu kali keberangkatan, KM Banawa dengan kapasitas 35 GT itu mampu mengangkut maksimal 24 penumpang dan 10 ton muatan barang.

" KM Banawa beroperasi satu kali dalam dua hari bergantian dengan moda transportasi tradisional milik masyrakat," ujar Maryono.

Sementara moda transportasi penyeberangan Sadai tujuan Lepar Pongok menggunakan moda transportasi tradisional mi



1   2