Bolos Usai Cuti Bersama Dihukum Disiplin

Abeng    •    Jumat, 31 Mei 2019 | 13:08 WIB
Nasional
ilustrasi (net)
ilustrasi (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjalani masa cuti sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Kepetusan Presiden tentang Cuti Bersama PNS. Izin cuti diluar cuti bersama lebaran 2019 untuk dapat mempertimbangkan kepentingan pelayanan kepada masyarakat.

“Pengambilan cuti di luar dari ketentuan cuti bersama hanya diperkenankan dengan alasan jelas, misalnya bagi PNS yang cuti karena mudik lebaran dengan kondisi lokasi mudik berjarak jauh dari domisilinya, dengan memperhitungkan kuantitas PNS yang bertugas di instansinya,” tulis siaran pers yang dikeluarkan oleh Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan, Jumat (29/5/2019).

PNS yang menjalankan masa cuti di luar dari ketentuan yang diatur dalam Keppres, misalnya dengan memperpanjang masa libur tanpa prosedur permintaan cuti sebelumnya, dikenakan sanksi hukuman disipilin seperti yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53Tahun 2010 tentang Disiplin PNS mulai dari humukuman ringan, sedang hingga berat.

Sementara, untuk peringatan Hari Pancasila pada tanggal 1 Juni yang waktunya berdekatan dengan masa cuti bersama, BKN mengingatkan PNS tetap diminta melangsungkan upacara, dan bagi PNSyang sedang menjalani masa cuti bertepatan dengan tanggal itu harus tetap mengikuti pelaksanaan upacara di instansi setempat dengan menyertakan formulir bukti yang diatur oleh Pejabat Pembina Kepegawaian instansi masing-masing. (*)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE