Dismilaritas Standar Kecantikan

Jurnalis_Warga    •    Sabtu, 01 Juni 2019 | 21:50 WIB
Opini
Setya Devy Anggrainy (Mahasiswa Sosiologi FISIP UBB. (ist)
Setya Devy Anggrainy (Mahasiswa Sosiologi FISIP UBB. (ist)

BERBICARA tentang keberagaman suku bangsa, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali suku dengan kebudayaan yang khas. Kebudayaan Indonesia sangatlah beragam, meski demikian keanekaragaman tersebut tidak menimbulkan perpecahan. 

Pada dasarnya bangsa Indonesia adalah bangsa yang berlandaskan “Bhineka Tunggal Ika” di dalamnya terdapat berbagai macam suku, bahasa dan kebudayaan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya.

Suku bangsa sendiri merupakan suatu golongan sosial yang mempunyai perbedaan dengan kelompok sosial lainnya mempunyai ciri-ciri yang mendasar biasannya berdasarkan keadaan biologis keturunan yang dianggap sama, berkaitan dengan asal usul tempat tinggal bahkan kebudayaannya.

Menurut Koentjaningrat definisi suku bangsa merupakan sekelompok sosial atau kesatuan hidup manusia yang mempunyai sistem interaksi, sistem norma yang mengatur interaksi tersebut, adanya kontinuitas dan rasa identitas yang mempersatukan semua anggotanya serta memiliki sistem kepemimpinan sendiri. Berbagai suku yang ada di Indonesia diantaranya suku Dayak, Batak, Madura Mentawai dan lain-lain. Begitu pula di negara lain juga terdapat sedikit banyaknya suku yang mendiami masing-masing negara.

Dari suku-suku yang terdapat di Indonesia ada beberapa suku yang memiliki standar dalam mempercantik dirinya, diantaranya adalah suku Menta



1   2      3      4