Mulkan Ingatkan Warga Bayar Zakat Fitrah

Dwi H Putra    •    Sabtu, 01 Juni 2019 | 18:44 WIB
Lokal
Bupati Bangka, Mulkan SH MH ketika membayar zakat fitrah keluarganya di Masjid Darussalam Karya Makmur Pemali.(dwi/wb)
Bupati Bangka, Mulkan SH MH ketika membayar zakat fitrah keluarganya di Masjid Darussalam Karya Makmur Pemali.(dwi/wb)

PEMALI, www.wowbabel.com -- Bupati Bangka, Mulkan SH MH mengingatkan warga di Kabupaten Bangka untuk membayar zakat, yang merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim selain menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Mulkan pun melaksanakan kewajibannya sebagai umat muslim dengan membayar zakat di Masjid Darussalam Karya Makmur, sekaligus menyerahkan bantuan ke pengurus masjid dan santunan bagi anak yatim piatu.

"Saya selalu membayar zakat fitrah keluarga di masjid ini tempat tinggal asal saya setiap tahun," kata Mulkan di Pemali, Sabtu (1/6/2019) sore.

"Dalam kesempatan ini saya mengingatkan warga di Kabupaten Bangka untuk membayar zakat, karena itu wajib bagi umat muslim," ujarnya.

Dikatakannya jika sudah membayar zakat fitrah, apabila masih memiliki kelebihan bisa memberikan sedekah bagi masyarakat baik melalui masjid atau pun secara langsung bagi yang membutuhkan.

"Jika ada lebih, bisa bersedekah, di bulan penuh berkah ini sangat besar pahalanya," ajaknya.

Diketahui jumlah pembayaran zakat fitrah di Kabupaten Bangka yang ditentukan Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Bangka sebesar Rp 32.500 per jiwa.

Sebagaimana sebelumnya, Ketua Baznas Kabupaten Bangka, Nasir Hasan di Sungailiat, ketetapan zakat fitrah sebesar Rp 32.500 perjiwa pada Ramadhan 1440 H itu, berdasarkan hasil rapat yang diikuti seluruh pengurus masjid di Kabupaten Bangka.

"Ketetapan zakat fitrah yang diharus dibayar sebesar itu berdasarkan pada konversi data harga beras dan harga emas di pasar selama beberapa hari terakhir," kata Nasir Hasan.

Zakat Fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan Muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan.

"Ketetapan zakat fitrah yang wajib dibayar oleh umat Islam sesuai syaratnya setiap tahunnya nilai berbeda atau disesuaikan dengan harga beras dan emas saat itu," jelasnya.

Selain menetapkan zakat fitrah, kata dia, ditetapkan pula pada rapat tersebut pembayaran fidyah sebesar Rp 20.000 per hari per orang. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL