Dari Pertambangan ke Pariwisata

Jurnalis_Warga    •    Jumat, 07 Juni 2019 | 11:26 WIB
Opini
Danau Kaolin Air Bara, Bangka Selatan. (Foto : Instagram @kania.pinkan)
Danau Kaolin Air Bara, Bangka Selatan. (Foto : Instagram @kania.pinkan)

emerintah dapat membuka sanggar tari sebagai tempat berlatih tari bagi masyarakat. Selain itu, pemerintah dapat menyediakan sekolah dan guru tari yang profesional dan berpengalaman di bidang tari untuk melatih anak-anak menari sedari dini.  

Pemerintah dapat mengadakan lomba-lomba yang berhubungan dengan seni dan budaya contohnya Festival Lomba Seni Siswa Nasional atau biasa disingkat dengan FLS2N yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Bidang musik juga dapat menjadi jembatan untuk memperkenalkan budaya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan membuat lagu yang disisipi dengan unsur musik dan tari tradisional Bangka Belitung, contohnya seperti lagu DPS karya Weird Genius yang mengangkat alat musik tradisional dan tari kecak di Provinsi Bali.

Untuk bidang wisata pantai, pemerintah diharapkan dapat menertibkan penambangangan timah illegal di perairan pantai di Bangka Belitung agar air laut tidak tercemar dan keindahan pantai di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat terjaga keindahannya.

Selain itu, mengembangkan fasilitas di kawasan pantai seperti toilet umum yang bersih dapat menjadi nilai tambah agar wisatawan merasa nyaman dan betah berwisata ke pantai. Kita juga dapat memperkenalkan pantai sekaligus kuliner tradisional Bangka Belitung dengan membuka rumah makan di kawasan tempat wisata pantai.

Selain menikmati pantai yang indah, wisatawan dapat menikmati keunikan masakan khas Bangka Belitung. Dapat juga dikembangkan lomba-lomba bertara



   1      2   3   4