Warga Keluhkan Pemkot Tak Bisa Atasi Kumuh

Endi    •    Senin, 17 Juni 2019 | 17:01 WIB
Lokal
Anak-anak di kawasan Pangkalarang asyik bermain di dekat pemukiman mereka.(dag/wb)
Anak-anak di kawasan Pangkalarang asyik bermain di dekat pemukiman mereka.(dag/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Warga yang tinggal di kawasan Pangkalarang, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mengeluhkan kurangnya perhatian pemerintah akan sanitasi di kawasan mereka.

Kekesalan tersebut memuncak, setelah ratusan warga yang tinggal di kawasan dipinggiran sungai, mengalami gatal-gatal sejak beberapa pekan belakangan.

"Disini sarang ulat, sarang ular segala macam lah. Orang buang segala macam bentuk sampah, entah itu perut ayam,perut ikan, untung saja tidak perut manusia dibuang disini. Kami ini minta solusi sama pemerintah terutama pemkot, bila perlu minta sama Pak Jokowi," ungkap Fatimah, warga Pangkalarang, Pangkalpinang, Senin (17/6/2019).

Apalagi, sambung Fatimah, saat air pasang, sampah yang dibuang masyarakat kesungai, naik dekat rumah masyarakat. Fatimah yang sudah lebih dari 40 tahun tinggal di kawasan tersebut, mengakui, selain kurangnya perhatian dari pemerintah, kesadaran masyarakat akan sanitasi lingkungannya juga kurang.

"Terserah lah orang mau tersinggung, memang kesadaran warga di sini kurang, buang air besar juga asal nyempung ke sungai kayak gitu kalau yang rumahnya dekat sungai, tapi kalau yang didarat pakai WC," ujarnya.

Awalnya warga menduga, rasa gatal yang mereka alami berasal dari hama ulat bulu, ternyata tim medis mengdiagnosa, penyakit itu lebih diakibatkan scabies (kudis) yang disebabkan gigitan Tungau.

Dimana Tungau itu sendiri diketahui hidup di kawasan lembab dan kumuh. Tungau tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Dari permukaan kulit, tungau masuk kelapisan kulit untuk bertelur, hidup dan makan.

Kondisi ini bisa menyebabkan terasa sangat gatal diaera yang terinfeksi sebagai reaksi alergi dan dimalam hari, rasa gatal biasanya akan meningkat.(dag/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL