Cabdindik Babar Gelar LDBI dan NSDC

Foto bersama peserta lomba. (Chairul/wowbabel)
Foto bersama peserta lomba. (Chairul/wowbabel)

MUNTOK, www.wowbabel.com - Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Wilayah III Provinsi Babel kabupaten Bangka Barat gelar lomba debat bahasa Indonesia dan bahasa Inggris di hotel Pasadena Muntok Kabupaten Bangka Barat, Rabu (19/06/2019).

Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan Nasional Schools Debating Championship (NSDC) yang diselenggarakan itu, diikuti oleh 3 siswa perwakilan dari 8 SMA/MA se-Bangka Barat.

Kepala Cabdindik Kabupaten Bangka Barat Sudarni mengatakan lomba ini guna mencari siswa terbaik yang akan diikutsertakan ditingkat provinsi mewakili Bangka Barat.

"Hari ini dari pukul 07.30 sampai sore ini, total peserta nya yang tadi terlaporkan panitia 8 sekolah," katanya.

"Hadiahnya uang pembinaan, Memberikan pelajaran berpikir kritis, analitis, dan terbuka terhadap pemikiran orang lain," terang Sudarni.

Sudarni mengungkapkan, topik debat yang dibahas ada 10 yaitu menyangkut permasalahan sosial yang saat ini ada di masyarakat.

"Mosi membicarakan 10 dipisahkan pihak pro dan kontra, tentang lingkungan hidup, tentang ppdb, UNBK, antikorupsi, lalu lintas, arus mudik, medsos, NKRI, dan seterusnya lah," tukasnya.

Dalam lomba debat bahasa Indonesia juara 3 diperoleh siswa SMK Simpang Teritip, Juara 2 SMA Negeri 1 Parittiga, dan Juara 1 dari SMA Negeri 1 Muntok.

Sementara, lomba debat bahasa Inggris juara 3 dari SMA Negeri 1 Kelapa, juara 2 dari SMA Negeri 1 Kelapa, dan juara 1 dari SMA Negeri 1 Muntok.

"Kalau dilihat dari siswa yang ikut kita yakin siswa nantinya mampu bersaing di tingkat provinsi Bangka Belitung membawa nama baik Bangka Barat," kata Sudarni.

Sudarni menuturkan nantinya menargetkan siswa yang ikut tingkat provinsi akan mendapatkan juara 1 di provinsi. (Rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL