Pengelola Aset Diminta Tertib Fisik, Administrasi dan Hukum

Aston    •    Selasa, 25 Juni 2019 | 18:59 WIB
Lokal
ilustrasi
ilustrasi

TOBOALI, www.wowbabel.com - Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) meminta agar para pengelola aset disetiap satuan kerja untuk dapat lebih tertib dalam pengelolaan aset, baik tertib fisik, tertib administrasi dan tertib hukum.

Hal itu diingatkan Badan Kuangan Daerah yang bertanggung jawab dalam hal pencatatan aset daerah, mengingat permasalahan aset di Negeri Junjung Besaoh Bangka Selatan terus menjadi perhatian serius lembaga audit Keuangan Negara BPK RI.

Baca Juga : Rp1,8 Triliun Aset Pemkab Basel Tidak Diyakini Kewajarannya oleh BPK RI

Kepala Bakuda Pemkab Basel, Agus Pratomo melalui Sekretaris Badan, Riswady mengatakan, peningkatan capaian predikat opini akan sulit dicapai jika permasalahan mutasi aset Tahun 2015 silam belum dapat diselesaikan,

"Termasuk catatan-catatan lain yang diungkap dalam laporan keuangan jika tidak segera ditindaklanjuti," ujar Riswady, Selasa (25/6/2019).

Ia menuturkan, pengelola aset milik pemerintah daerah yang berada pada satuan kerja setiap tahun menjadi perhatian tim audit BPK RI.

"Karena nilainya cukup signifikan dan kompleksitas cukup tinggi. Untuk itu para pengelola aset satuan kerja untuk dapat lebih tertib dalam menatausahakan aset, baik tertib fisik, administrasi dan tertib hukum. Jadi jika sewaktu-waktu diperlukan untuk kepentingan pemeriksaan dapat dijelaskan dan dibuktikan dengan dokumen sumber yang memadai sehingga tidak akan menjadi catatan temuan diperiode pemeriksaan selanjutnya," imbuhnya.

Sebelumnya, BPK RI perwakilan Provinsi Bangka Belitung pada 19 Juni 2019 telah menyerahkan laporan hasil audit atas laporan kuangan pemerintah daerah Pemkab Basel dengan penilaian opini wajar dengan pengecualian (WDP).

"Salah satu pertimbangan auditor dalam memberikan opini WDP kepada Pemkab Basel salah satunya terkait permasalahan pengelolaan akun aset tetap karena nilainya cukup material sehingga mempengaruhi penilaian dalam menentukan opini atas laporan keuangan pemerintah daerah kita (Basel--red,)," tukasnya. (Astoni/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL