PPDB SMPN 2 Pangkalpinang Tetap Utamakan Ranking

Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Pangkalpinang.(dag/wb)
Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Pangkalpinang.(dag/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Pangkalpinang, masih mengutamakan sistem ranking atau Nilai Evaluasi Murni (NEM), meskipun sistem zonasi sudah diterapkan.

"Kita gunakan seleksi NEM, ditambah dengan ada penambahan yang punya prestasi baik akademik maupun non akademis, jadi perankingannya bukan berdasarkan ring rumah," jelas Panitia Pelaksana PPDB SMPN 2 Pangkalpinang, Hj Arlipah SPd, Selasa (2/6/2019).

Namun, kata dia, sistem zonasi tetap diberlakukan terutama mereka yang sekolah dasar-nya di Pangkalpinang dan masih dalam satu zonasi dengan SMPN 2 Pangkalpinang.

"Sudah berlaku zonasi tempat tinggal, ada perlakuan khusus misalnya ada yang orang tuanya tinggal di luar Pangkalpinang, tapi anaknya sekolah di Pangkalpinang dan dizonasi kita, maka anak itu kita pakai sistem zonasi," terang  Arlipah.

Untuk sementara, sudah lebih dari 200 siswa yang sudah mengambil formulir pendaftaran, sementara kuota penerimaan siswa di sekolah tersebut hanya 223 siswa untuk tujuh kelas.

 Kendati yang mendaftar sudah melebih kuota, pendaftaran PPDB di sekolah ini masih dibuka hingga tanggal 4 Juli mendatang, sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

"Ada tiga jalur pendaftaran, yakni jalur zonasi sebanyak 80 persen, jalur prestasi 15 persen dan perpindahan tugas orang tua sebanyak 5 persen," jelas Arlipah.

Ia mengimbau orang tua dan siswa tidak perlu khwatir, karena bila tidak diterima di sekolah tersebut, kemungkinan siswa akan diterima di sekolah pilihan kedua, kalau tidak diterima juga dipilihan kedua, siswa harus kepilihan ketiga yakni sekolah swasta.

"Pendaftar ini akan menulis semuanya sesuai pilihan, misalnya pilihan satu di SMPN 2 kemudian pilihan 2 di SMPN 3, yang masih dalam satu zonasi, nanti dinas pendidikan yang akan menyalurkan, apakah yang bersangkutan diterima di SMP pilihan satu atau dua," terangnya.

Jika pun tidak diterima di sekolah negri, para siswa bisa masuk sekolah swasta dan bebas menentukan pilihan.

Pengumuman penerimaan siswa tersebut nantinya akan dilakukan secara serentak oleh Dinas Pendidikan, beberapa setelah data pendaftar di input secara online oleh pihak sekolah penerima PPDB.

"Pengumuman penerimaan akan dilakukan secara keseluruhan pada tanggal 8 Juli nanti oleh Diknas. Pada tanggal 9-10 Juli siswa harus melalukan pendaftaran ulang, 11-13 pengenalan lingkungan sekolah dan tanggal 15 Juli mulai masuk tahun ajaran baru," katanya.

Di Pangkalpinang sendiri ada dua zonasi untuk SMP Negeri yakni zona dua ada di Kecamatan Tamansari, Gabek, Pangkalbalam dan Gerunggang yang meliputi SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 7 dan SMPN 9.

Zona satu meliputi Kecamatan Girimaya, Bukit Intan, dan Rangkui ada SMPN 1, SMPN 6, SMPN 8 dan SMPN 10. Total ada 27 SMP Negri dan Swata yang ada di Kota Pangkalpinang.

Pantauan wowbabel.com, memasuki hari kedua pendaftaran, antrean para orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya masuk SMPN 2 Pangkalpinang masih ramai, bahkan sejak dibuka pada pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB, apalagi sekolah ini sudah sejak lama merupakan salah satu sekolah pavorit para siswa.(dag/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL