Masuk Musim Kemarau, PDAM Tirta Pinang Jamin Ketersediaan Air Baku

Direktur Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Pinang, Kota Pangkalpinang Zuniar Nangtjik. (Firman/wowbabel)
Direktur Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Pinang, Kota Pangkalpinang Zuniar Nangtjik. (Firman/wowbabel)

PANGKALPINANG , www.wowbabel.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Pangkalpinang menjamin persediaan air di beberapa sumber air baku masih stabil, meskipun saat ini sudah memasuki musim kemarau.

Hal itu disampaikan oleh Direktur PDAM Tirta Pinang Kota Pangkalpinang Zuniar Nangtjik, kepada www.wowbabel.com, Kamis (4/7/2019) di ruang kerjanya.

"Jika musim kemarau tahun ini hanya sekitar tiga bulan, tentu kapasitas airnya akan menurun, akan tetapi kita juga tidak pusing, karena kita juga sudah mempunyai antisipasi persedian beberapa kolong," ungkap Zuniar Nangtjik.

Selain itu, Zuniar juga menjelaskan, PDAM Tirta Pinang Kota Pangkalpinang, sudah memiliki empat kolong persedian Air untuk masyarakat Kota Pangkalpinang.

"Yang pertama kita memiliki kolong yang ada di Pedindang, Kacang Pedang dan Bacang, apa lagi kolong yang ada di Jembatan 12 itu, sangat luas hampir 20 hektar, tapi untuk saat ini kita hanya memakai tiga kolong," jelasnya.

Zuniar menambahkan, tidak hanya kolong Jembatan 12 yang menjadi andalan, pihaknya juga yakin kalau kolong yang ada di Bacang, tidak kering, karena kolong tersebut memiliki dua sumber Air.

"Karena selama belasan tahun ini, kolong tersebut tidak pernah kering, apalagi kan pelanggan di dearah situ cuma sekitar dua ribu bubung rumah yang memakai Air PDAM. Jadi kita sampaikan kepada masyarakat Pangkalpinang, jangan merasa kuatir musim kemarau tahun ini, apa bila panasnya sekitar tiga bulan ke bawah insya Allah Airnya masih cukup Air," ujarnya.

"Mudah-mudahan panasnya tahun ini, tidak mencapai empat bulan ke atas, karena jika panasnya di bawah empat bulan persediaan Air dari Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Pinang Kota Pangkalpinang, masih cukup aman, tapi kalau diatas lima bulan, kita belum bisa memastikan cukup apa tidak," tambahnya.

Zuniar Nangtjik mengimbau kepada masyarakat, supaya menggunakan Air di musim kemarau tidak terlalu berlebihan.

"Gunakanlah Air secukupnya dan sesuai kebutuhan dan jangan lupa untuk menutupkan keran Air, kalau sudah selesai menggunakan serta jangan lupa untuk mematikan keran Airnya," pesan Zuniar Nangtjik. (Firman/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE