Dana Hibah untuk Ormas Diatur dengan Perda

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pangkalpinang, Anggo Rudi.(hen/wb)
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pangkalpinang, Anggo Rudi.(hen/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pangkalpinang, Anggo Rudi mengatakan saat ini terdapat 66 organisasi masyarakat (Ormas) yang telah terdaftar dan terverifikasi di wilayah Pangkalpinang.

Diketahui setiap tahunnya pemerintah memberikan kucuran anggaran kepada setiap ormas sebagai bantuan sosial dari pemerintah.

Anggo mengatakan peraturan pemberian bantuan hibah kepada ormas juga telah diatur melalui Perda. Artinya, bantuan hibah akan diberikan kepada ormas yang telah terseleksi dan terdaftar di Pangkalpinang, Kesbangpol dan Kemenkumham.

"Kita sekarang kan sudah ada Perda tentang masalah bantuan hibah. Bantuan itu diberikan kepada ormas yang telah terseleksi sehingga mereka benar-benar terdapat di Pangkalpinang, Kesbangpol dan Kemekumham. Dan mereka benar-benar eksis untuk masalah kepentingan masyarakat," ungkap Anggo, Selasa (9/7/2019).

Contoh ormas yang sudah resmi, kata dia, mereka telah memenuhi persyaratan salah satunya berbadan hukum, NPWP, mempunyai struktur organisasi, mempunyai pimpinan dan lokasinya jelas.

"Kami akan selalu memantau apabila ada ormas yang tidak terdaftar dan akan kami panggil untuk mereka mendaftarkan di Kesbangpol," tukas Anggo.(hen/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL