Pengamat Ini Sebut Yunan Helmi Berpeluang Besar Jadi Sekda Bangka

Bambang Ari Satria, Direktur Eksekutif Real Politica. (ist)
Bambang Ari Satria, Direktur Eksekutif Real Politica. (ist)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Empat dari lima pendaftar seleksi terbuka jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka mengikuti tes wawancara di gedung Balai Diklat Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemprov Babel, Rabu (10/7/2019). Satu peserta dinyatakan tak hadir dan otomatis gugur.

Empat orang yang ikut tes wawancara adalah Akhmad Mukhsin (Plt. Sekda Bangka), Andi Hudirman (Kepala Dinas Pendidikan), Asep Setiawan (Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga), dan Yunan Helmi (Sekda Bangka Barat).

Bambang Ari Satria, Direktur Eksekutif Real Politica membeberkan, dari empat nama yang ikut tes wawancara, Yunan Helmi berpeluang besar menjadi Sekda Bangka.

Jam terbang birokrasi di beberapa kabupaten/kota sebagai modal penting untuk menjadi pimpinan tertinggi birokrasi di Kabupaten Bangka. Yunan pernah lama di Kabupaten Bangka sebagai Kepala Dinas Pendidikan, berpengalaman sebagai Kepala DPPKAD di Kota Pangkalpinang dan saat ini sebagai Sekda Kabupaten Bangka Barat yang ketika itu juga produk seleksi terbuka.

"Pengalaman panjang Yunan di birokrasi dinilai cocok menjadi Sekda Bangka. Apalagi ada chemistry antara Yunan dan Mulkan sebagai user," tandas Bambang.

Bambang menambahkan, menjadi Sekda tak cukup dengan hanya bermodalkan piawai dalam birokrasi, namun juga menjadi jembatan politik, baik itu berkomunikasi dengan DPRD maupun melakukan lobi dengan pusat untuk mendapatkan kucuran anggaran ke daerah.

"Urusan seleksi kompetensi dan manajerial administrasi pemerintahan cukup di Pansel, urusan seleksi politik berupa jembatan antara eksekutif dengan legislatif ada di Bupati sebagai user dan yang cocok adalah Yunan Helmi," tutup Dosen STISIPOL Pahlawan 12, Sungailiat ini. (*)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE