Gerindra Babel Dalilkan Kesalahan Rekapitulasi 8.397 Suara

Tim_Wow    •    Senin, 15 Juli 2019 | 12:44 WIB
Pilkada
Gedung MK RI.(ist)
Gedung MK RI.(ist)

JAKARTA,www.wowbabel.com --  Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Bangka Belitung  mengalami kesalahan saat rekapitulasi perolehan suara yang mencapai 8.397 suara saat rekapitulasi suara Pemilu Legeslatif 2019.

Ali Lubis  kuasa hukum Partai Gerindra mendalilkan bahwa kesalahan tersebut didasarkan pada form C1 yang ada di Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur, dan Kabupaten Pangkal Pinang.

“Atas perbedaan tersebut, Pemohon memohonkan agar Panel Hakim menetapkan hasil perolehan yang benar menurut Pemohon bagi Partai Gerindra dan caleg Gerindra adalah 84.150 suara,” jelas Ali terhadap permohonan Nomor 65-14-07/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019 saat sidang  Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Anggota DPR-DPRD (PHPU Legislatif 2019) untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  di Ruang Sidang Panel I MK, Kamis (11/7/2019) pekan lalu. 

Dalam sidang tersebut juga, Partai Demokrat mengalami kerugian terjadinya selisih pencatatan hak pilih DPTb dan DPK pada tingkat Kabupaten Belitung. Temuan selisih pada jenis pemilihan ini pada DPTb, tambah Mehbob selaku kuasa hukum, berada di Kecamatan Muntok dan Kecamatan Tempilang. Sedangkan untuk DPK, ditemukan selisih di Kecamatan Tanjung Pandan di Kelurahan Kota, Kelurahan Parit, dan Desa Air Saga.

Dengan perubahan DPT tersebut, Pemohon menilai telah ada niat mengenai proses kecurangan yang dilakukan Termohon.

“Untuk itu, melalui petitum Pemohon memohonkan agar Mahkamah menyatakan batal sebagian keputusan KPU untuk Daerah Pemilihan Provinsi Bangka Belitung terkait Pemilihan Angota Legislatif tingkat DPR RI,” ucap Mehbob terkait permohonan Nomor 65-14-07/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019.

Selain memeriksa tiga permohonan tersebut, Panel Hakim juga menggelar pemeriksaan permohonan Nomor 231-07-07/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019 yang diajukan Partai Berkarya. Namun Pemohon tidak kunjung hadir hingga persidangan ditutup. Sebelum mengakhiri persidangan, Anwar menyampaikan sidang selanjutnya akan digelar pada Kamis, 18 Juli 2019 pukul 13.00 WIB dengan agenda mendengarkan jawaban Termohon serta keterangan Pihak Terkait dan Bawaslu. (*)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE