Lahan Tambang Bauksit Terbentur HL dan HP

Lahan yang rencananya akan dilakukan penambangan bauksit.(ist)
Lahan yang rencananya akan dilakukan penambangan bauksit.(ist)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Kepala Cabang Dinas ESDM Provinsi Bangka Belitung Wilayah Bangka Barat mengungkapkan hasil cek lokasi timnya menunjukkan sebagian lokasi yang akan digunakan PT KSI untuk menambang bauksit termasuk kawasan HP (Hutan Produksi), HL (Hutan Lindung) dan tambang aktif.

"Lokasi tambang bauksit yang HP, masih ada tambang aktif di dekat lokasi ini, sekitar juga kebun sawit masyarakat. Yang ini lokasi bauksit yang HL, ada juga TI yang aktif di sekitar. Menuju lokasi terdapat kebun karet masyarakat, sebagian hutan alami. Kedua lokasi sesuai dengan koordinat dari KSI," beber Abdullah Sani, Kacabdin ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) wilayah Babar, Rabu (17/07/2019).

Abdul Sani menjelaskan rencana PT KSI (Kentjana Sakti Indonesia) membuka tambang bauksit di Desa Cupat tak semuanya bisa digunakan begitu juga perlu mengurusi izin terlebih untuk lokasi seperti HP (Hutan Produksi).

"Kalau HL (hutan lindung) tidak bisa untuk izin usaha pertambangan atau WPR, kalau lokasi hutan produksi (HP) untuk urus perizinannya termasuk WPR/IPR wajib mendapat izin pinjam pakai kawasan hutan (IPPKH) untuk pertambangan dari Menteri LHK RI bagi pemegang IUP ataupun dari gubernur untuk WPR/IPR," terang Abdul Sani.

Seperti Wilayah HL kata Sani tidak bisa dipakai untuk bauksit atau tidak dapat diajukan.

"Untuk bauksitedalam kawasan hutan (HL) dilarang untuk tambang terbuka, otomatis izin pertambangan termasuk penetapan blok WPR untuk izin pertambangan rakyat (IPR) tidak dapat/tidak bisa diajukan/dilanjutkan, Sesuai undang-undang no 41 tahun 1999 tentang kehutanan," tegas Abdul Sani.

"Jadi untuk bauksit dalam HP kalau ingin mengusahakannya wajib memiliki IUP atau IPR dan sebelum pemegang IUP/IPR melakukkan penambangan (produksi) wajib memiliki IPPKH, jadi ada 2 perizinan pokok harus diurus untuk bauksit yang berada dalam HP," tukas Abdul Sani.(rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL