DPPP Basel Gelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkatkan Produk Olahan Ikan

Istri Bupati Bangka Selatan, Ny. Ekawati Justiar Noer sedang menyuapi anak-anak peserta Lomba Masak. (Astoni/wowbabel)
Istri Bupati Bangka Selatan, Ny. Ekawati Justiar Noer sedang menyuapi anak-anak peserta Lomba Masak. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com -- Dinas Pertanian Pangan Dan Perikanan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), kembali menggelar lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten, Kamis (25/7/2019).

Pada lomba masak kali ini, DPPP mengambil lokasi di komplek GOR Basel yang merupakan lokasi pagelaran Festival Pariwisata Toboali City On Fire (TCOF) Ke-4 Tahun 2019.

Seperti biasa, lomba masak serba ikan se-Basel diikuti sebanyak delapan kelompok peserta dari masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupten Basel. Para peserta diwakili ibu-ibu Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK) dari masing-masing perwakilan Kecamatan.

Lomba masak serba ikan lebih menekankan pada kreatifitas peserta dalam menciptakan makanan dengan bahan dasar utama ikan. Namun, kali ini peserta tak hanya dituntut mengolah ikan menjadi masakan yang sudah lazim yang memang sudah menjadi khas Basel, seperti Lempah Kuning, Sate Ikan, dan lain sebagainya. Peserta dituntut menciptakan resep makanan baru dari bahan dasar ikan.

Kategori penilaian, dewan juri sedikitnya menentukan empat kategori utama, pertama-tama  citra rasa, penampilan, keterampilan memasak, serta kekompakan tim. Tak hanya dinilai dewan juri, masakan para peserta akan dinilai para tamu undangan dengan cara mencicipi. Rekomendasi tamu undangan dijadikan peserta juara favorit. Bupati Bangka Selatan Justiar Noer turut mencicipi masakan semua peserta.

Justiar mengatakan, melalui lomba masak serba ikan ini, diharapkan muncul ide-ide kreatif dari para peserta dalam mengelolah hasil ikan, agar masyrakat Basel dapat lebih meningkatkan mengkonsumsi ikan, serta dapat pula meningkatkan ekonomi kreatif di Basel.

"Saya berharap juara dari lomba tingkat kabupaten hari ini dapat menjadi duta bagi kabupaten bangka selatan dalam lomba yang sama di tingkat provinsi bahkan nasional," harap Justiar Noer.

Dalam kesempatan itu, Justiar mengajak masyrakat untuk gemar mengkonsumsi ikan. Menurut Justiar, ikan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini tentu saja tidak lepas dari pelbagai kandungan nutrisi dan vitamin ikan.

"Salah satu jenis ikan yang patut untuk kita konsumsi karena memiliki banyak manfaaat adalah ikan kembung. Bahkan kandungan gizi ikan kembung lebih banyak daripada ikan salmon. Ikan kembung memiliki  kandungan omega-3 yang lebih banyak, yakni sekitar 2,6. Sementara itu, kandungan omega-3 pada ikan salmon hanya sekitar 1,4," kata Justiar

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, Suhadi mengatakan lomba masak serba ikan bertujuan menggalakkan masyrakat gemar mengkomsumsi ikan.

"Namun, kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk sosialisasi gemar konsumsi ikan tapi juga bagaimana meningkatkan kreatifitas mengolah makanan dari bahan ikan dengan harapan melahirkan masakan ciri khas dari Basel. Serta menumbuhkan kewirausahaan kuliner berbahan ikan untuk mendukung pariwisata kuliner Basel," imbuh Suhadi.

Menurut Suhadi, konsumsi ikan di Basel sudah hampir mendekati konsumsi rata-rata nasional.

"Di Basel konsumsi ikan sudah mencapai 51 gram per kapita dalam perhari dan nasional 53 gram, artinya konsumsi ikan masyarakat Basel sudah cukup tinggi," tuturnya

Lanjutnya, kedepan produk ikan Basel tidak hanya di ekspor berbentuk ikan segar saja melainkan berbentuk olahan.

Berikut ini para pemenang Lomba Masak Serba Ikan :

Juara 1 : TP-PKK Kecamatan Toboali
Juara 2 : TP-PKK Kecamatan Air Gegas.
Juara 3 : TP-PKK Kecamatan Pongok.

Juara favorit : TP-PKK Kecamatan Toboali

(Adv/Astoni)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE