Oknum Lapas Muntok Kena OTT

Lapas Muntok, Bangka Barat. (Chairul/wowbabel)
Lapas Muntok, Bangka Barat. (Chairul/wowbabel)

MUNTOK, www.wowbabel.com - Tim Saber Pungli dari Polres Bangka Barat (Babar) melakukan OTT (Operasi Tangkap Tangan) terhadap salah satu oknum pegawai Lapas Muntok, Kamis (25/07/2019) di Lapas Muntok.

Hal ini dibenarkan oleh Wakapolres Bangka Barat Kompol Joko Triyono,SIK.,MH yang sekaligus Ketua Saber Pungli Kabupaten Bangka Barat.

"Ya betul, kemarin sekitar jam setengah tiga sorem yang menangkap tim saber pungli, inisial (tersangka) DW," ungkap Wakapolres saat dikonfirmasi, Jumat (26/07/2019).

Joko Triyono mengatakan saat ini kasus tersebut masih dalam proses pemeriksaan saksi-saksi.

"Masih pemeriksaan nanti kita gelar, nanti baru kita rekomendasikan ke pimpinannya provinsi tidak hanya harus ke ranah hukum juga karena menyangkut ke institusinya mereka," lanjutnya.

Joko juga menyampaikan, pemanggilan saksi-saksi dimulai hari ini dan siang tadi baru selesai memeriksa saksi Kalapas (Kepala Lembaga Pemasyarakatan) Muntok Kabupaten Bangka Barat.

"Meriksa Kepala PAM nya, Wakilnya, Ketuanya, lalu keluarga, keluarga dari korban maksudnya keluarga terpidana yang mau dipindah itu," tandasnya.

Joko mengatakan bahwa OTT itu terkait dengan keluarga terpidana yang mau dipindahkan dan dengan barang bukti uang tunai senilai Rp.500.000.

"Terkait pungutan 500 ribu rupiah biar tidak dipindah ke Lapas Merawang, pokoknya terpidananya itu yang hendak dipindahkan ke LP Merawang LP Narkoba," tandasnya.

Wakapolres Bangka Barat menuturkan, pemeriksaan hanya dilakukan ke saksi yang terlibat, tidak keseluruhan pegawai lapas dan nanti setelah itu akan dilimpahkan ke Kemenkumham Kanwil Provinsi Bangka Belitung.

Hingga berita ini diturunkan, Kalapas Muntok Bangka Barat Asep Hoilid Abdulah,A.Md.,IP.,SH.,MH  belum bisa terkonfirmasi. (Chairul/wb)



MEDSOS WOWBABEL