TCOF, Never Ending Legend

Tim_Wow    •    Senin, 29 Juli 2019 | 22:29 WIB
Travel
Serba serbi Toboali City on Fire Season 4, 25-28 Juli 2019. (tim)
Serba serbi Toboali City on Fire Season 4, 25-28 Juli 2019. (tim)

 

c  Harimau Mati Meninggalkan Belang, Gajah Mati Meninggalkan Gading’. Hidup memang pilihan. Justiar telah memilih gading, yaitu TCOF yang akan  menjadi legenda tanpa akhir itu

 

APRESIASI setinggi-tinggi bagi pemerintah dan warga Bangka Selatan yang sukses menyelenggarakan Toboali City On Fire (TCOF) season IV. Tahun 2019  adalah keempat kalinya event pariwisata yang masuk kalender nasional itu dilaksanakan secara konsisten.

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman yang pertama kali menyaksikan malam penutupan TCOF terkagum-kagum. Diapun memberikan apresiasi luar biasa kepada Bupati Bangka Selatan Justiar Noer dan seluruh masyarakat yang telah bahu-membahu menyelenggarakan acara selama empat malam tiga hari itu tanpa sepi.

Bisa jadi hanya TCOF dalam hal penyelenggaran event di Bangka paling besar dan sukses dalam hal menyedot perhatian warga. Adalah wajar jika gubernur memberi apresiasi kepada Basel.

TCOF bukan sekedar panggung bagi para artis ibukota saat malam penutupan, tapi ragam budaya dipertunjukan pada even empat malam tiga hari itu. Kesuksesan TCOF tak saja pada sisi kemeriahan, tapi ada semangat baru warga Basel yang hidup kembali, yakni kebersamaan dan kesungguhan.

Bagi Justiar, TCOF IV adalah event penutup sebagai Bupati.  Tahun depan, Justiar sudah mesti parkir dari jabatan itu. 

TCOF adalah event yang diprakarsai dan kosisten dilaksanakan Justiar. Event yang menyedot perhatian warga di Bangka maupun luar. Event inipun sebagai ajang promosi bagi Toboali sebagai Ibukota Basel. TCOF menempatkan Toboali sebagai kota yang makin dikenal di Bangka. Tidak lagi Pangkalpinang dan Sungailiat. Malah Toboali dalam hal penyelenggaraan event menyingkirkan saudara tuanya itu.

Sebelum gubernur, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya lebih dulu mengapresiasi komitmen kepala daerah semacam Justiar yang ingin menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan. Menpar saat acara Peluncuran TCOF di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (17/7/2019) mengatakan dalam penyelenggaraan event harus menggunakan kriteria 3C seperti nilai kreatif (Creative Value), nilai komersil (Commercial Value), serta didukung oleh komitmen atau keseriusan kepala daerah (CEO Commitment) dalam mengembangkan pariwisata daerahnya.

“Tapi yang penting adalah Commitment CEO, Gubernur dan Bupati harus berkomitmen, anggaran, serta konsisten minimal tiga tahun berturut-turut. Bila kepala daerahnya punya komitmen, dua lainnya akan mengikuti,” katanya.

Justiar telah menunjukkan komitmennya. Sukses dengan penyelenggaraan TCOF Season I tahun 2010 dengan tema Pesona Bahari Bangka Selatan dilanjutkan TCOF Season II Power Of Culture, TCOF Season III Back To Nature, dan TCOF Season IV  mengusung tema Unforgetable Taste.

“Event ini telah menjadi ikon wisata Basel. Untuk itu, kami terus konsisten melanjutkan event pariwisata TCOF Season V yang akan datang dengan tema Never Ending Legend,” kata Justiar saat malam penutupan di hadapan ratusan ribu pasang mata menatap panggung megah itu.

Sebuah pesan kuat hendak dikatakan Justiar dengan tema TCOF Season V tahun depan.  TCOF telah menjadi legenda hidup bagi masyarakat Basel. Ada sosok Justiar, bupati yang dua kali dijabatnya. Bisa saja pesan yang hendak dikatakan Justiar, tidak saja TCOF lima atau enam, tapi never ending, tanpa akhir. Karena legenda itu menjadi kebanggaan warga Basel.

Erzaldipun sependapat. TCOF, kata Erzaldi merupakan ikon Bangka Selatan. Oleh karena itu, Erzaldi meminta  TCOF season selanjutnya wajib dilaksanakan.

 “Siapa pun nanti yang terpilih jadi bupatinya, event TCOF wajib dilanjutkan karena ini sudah menjadi ikon pariwisata dan kebangkitan daerah.”

Jelaskan, jika tema never ending legend, sekaligus perpisahan warga dengan Justiar. Pepatah mengatakan ‘Harimau Mati Meninggalkan Belang, Gajah Mati Meninggalkan Gading’. Hidup memang pilihan. Justiar telah memilih gading, yaitu TCOF yang akan menjadi legenda tanpa akhir itu. (ADV)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL