KPU Bangka Masih Tunggu Keputusan MK

Dwi H Putra    •    Jumat, 02 Agustus 2019 | 14:50 WIB
Pilkada
Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bangka, Iman Supiar.(dwi/wb)
Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bangka, Iman Supiar.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka masih menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih dalam pemilu tahun 2019.

"KPU Bangka masih menunggu sampai penetapan dan putusan dari MK terkait masih adanya PHPU pileg 2019 dan surat atau petunjuk teknis (juknis) dari KPU RI terkait hal tersebut," kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bangka, Iman Supiar di Sungailiat, Jum'at (2/8/2019).

Dijelaskannya hingga saat ini KPU Bangka masih terus berkoordinasi dan menunggu kapan juknis atau pun keputusan MK tersebut dikeluarkan.

Diketahui sebelumnya, KPU Bangka menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik (Parpol) dan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka Tahun 2019.

Namun KPU Bangka dalam kesempatan itu menunda penetapan perolehan kursi parpol dan calon legislatif terpilih disebabkan adanya surat edaran dari KPU RI dan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua KPU Kabupaten Bangka, M Hasan, mengatakan tahapan Pemilu 2019 selama 20 bulan mulai dari pendaftaran partai politik, verifikasi, kampanye hingga pencoblosan pada 17 April 2019 lalu.

Hal ini dilaksanakan berdasarkan instruksi KPU RI Nomor 6145, 5916 dan 5954 terkait putusan yang tidak dilanjutkan misalkan Provinsi Kepulauan Babel tidak masuk dalam daftar gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Belum ada putusan pasti dari KPU RI atau MK ke KPU Provinsi Babel atau KPU kabupaten/kota, sehingga belum bisa melakukan penetapan perolehan kursi partai politik dan caleg DPRD Bangka tahun 2019.

"Hal ini menyebabkan menunda penetapan perolehan kursi parpol dan caleg DPRD Bangka. Kami akan tetap update setiap informasi dari KPU RI terkait penetapan ini dari MK, atas nama lembaga mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kebijakan dari KPU RI dan MK ini," ujarnya.

Berdasarkan Surat Keputusan Nomor 10 tahun 2019 dinyatakan pasca diterimanya surat edaran dari KPU RI ke KPU kabupaten/kota harus dilaksanakan maksimal lima hari terkait penetapan kursi partai politik dan caleg DPRD Bangka.

"Tapi kami menerima arahan dari KPU RI terkait gugatan di MK, bahwa Provinsi Kepulauan Babel masuk dalam lokus di PHPU RI berdasarkan SK Nomor 987 terkait penetapan perolehan kursi parpol dan caleg DPRD Bangka 2019 ini, Provinsi Kepulauan Babel menjadi salah satu lokus perselisihan perolehan suara tersebut," kata Iman Supiar.

Ditambahkan Iman Supiar berdasarkan terkait penetapan kursi parpol dan anggota DPRD Bangka 2019 ini, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu termasuk formulir penetapan kursi parpol dan anggota DPRD Bangka 2019 tersebut.

"Kami atas nama lembaga mohon maaf yang sebesar-besarnya atas ditundanya penetapan ini, kami bakal segera informasikan jika ada keputusan selanjutnya dari KPU RI atau pun MK," tukasnya.(dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL