TI Rajuk Garap Areal Persawahan Desa Ranggung

Aston    •    Selasa, 06 Agustus 2019 | 13:17 WIB
Lokal
Satpol PP Bangka Selatan menertibkan aktifitas TI liar di aliran persawahan Desa Ranggung Kecamatan Payung.(ist)
Satpol PP Bangka Selatan menertibkan aktifitas TI liar di aliran persawahan Desa Ranggung Kecamatan Payung.(ist)

PAYUNG,www.wowbabel.com -- Satuan Polisi Pamong Praja mendatangi lokasi areal persawahan Desa Ranggung, Kecamatan Payung yang dilaporkan ada aktivitas tambang timah inkonvensional (TI), Selasa (6/8/2019).

Tiba di lokasi,  benar saja petugas Sat Pol PP menemukan  adanya aktivitas TI jenis rajuk di daerah aliran sungai (DAS) yang masuk areal persawahan.

Petugas langsung meminta pekerja mematikan mesin dan pekerja diingatkan untuk tidak lagi beraktivitas. Jika kembali membandel, petugas akan mengambil langkah tegas berupa penindakan.

Berkaitan dengan tindakan satpol PP untuk menertibkan Tambang Inkonvensional ( TI ) di wilayah lahan sawah di wilayah Desa Rangung Kecamatan Payung mendapat apresiasi dari anggota DPRD Bangka Selatan,, Samsir.

Samsir mengatakan,  tindakan yang dilakukan Pol PP sebagai fungsi penegakan perda sebagai mana sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah 6 tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja.

Ia menegaskan, lahan percetakan sawah  Desa Ranggung merupakan lahan pertanian berkelanjutan yang dilindungi dengan Peraturan daerah.

"Dan setiap tahun diusahakan ada penanaman walaupun belum memberikan hasil maksimal dan tidak boleh lahan yang sudah diperuntukan untuk lahan pertanian berkelanjutan digarap untuk tambang inkonvensional," ujar Samsir.

Sekretaris Komisi 1 DPRD Bangka Selatan itu berharap ke depan Satpol PP aktif dalam melakukan kewajibannya sebagai garda terdepan  dalam  penegakan Peraturan Daerah dan perbup.

"Dan dalam penegakan usahakan dengan persuasif serta melakukan tindakan administratib terhadap masyarakat  yang melakukan pelanggaran perda dan perbup sebagaimana diatur dalam PP no 6 tahun 2010," tukas Samsir.(as/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL