Tiga Periode Berturut PDIP Duduki Jabatan Ketua DPRD Basel

Aston    •    Selasa, 13 Agustus 2019 | 20:14 WIB
Pilkada
ilustrasi
ilustrasi

TOBOALI, www.wowbabel.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai dengan perolehan suara partai politik terbanyak pada pemilihan legislatif (Pileg) 17 April 2019.  

Berdasarkan hasil penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD kabupaten Bangka Selatan hasil pemilu Tahun 2019, Selasa (13/8/2019) di Hotel Grand Marina, partai Banteng Moncong Putih tersebut meraup sebanyak 16.344 suara.

Perolehan suara partai PDIP disusul partai Gerindra 13.202 suara. Sementara urutan ketiga perolehan suara partai terbanyak ditempatkan partai Demokrat dengan total suara sah partai sebanyak 13.101. 

Dalam perolehan kursi, ketiga partai politik besar tersebut  tercatat sama-sama menghantarkan empat perwakilan anggota DPRD Basel. 

Hanya saja, PDIP dipastikan yang berhak menduduki jabatan ketua DPRD Bangka Selatan periode 2019-2024. Sementara Gerindra dan Demokrat  akan mendampingi PDIP dalam kursi pimpinan dengan jabatan wakil pimpinan. 

Keberhasilan PDIP duduki jabatan ketua DPRD Basel mengulang prestasi dua periode sebelumnya. 

 

Erwin Asmadi Dipastikan Jabat Ketua

Pundak kepemimpinan gedung mahligai DPRD Bangka Selatan Periode 2019-2020 akan diisi wajah baru. Sosok wajah baru itu ialah Erwin Asmadi caleg PDIP dari dapil 1, Kecamatan Toboali, Bangka Selatan. 

Erwin Asmadi sudah dipastikan akan duduki Ketua DPRD Basel menggantikan politikus PDIP Sipioni yang gagal terpilih.

Belum lama ini, PDIP juga mengamanahkan kepada Erwin kursi pimpinan PDIP ketua DPC PDIP di Negeri Junjung Besaoh Bangka Selatan. 

Erwin Asmadi dikonfirmasi pertama-tama mengucapkan puji syukur atas capaian PDIP yang kembali berhasil meraih suara partai politik terbanyak. 

"Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyrakat, dan konstituen yang telah memberikan kepercayaan kepada PDIP," ucap Erwin Asmadi. 

Disinggung siapa yang akan duduki jabatan Ketua DPRD Basel periode 2019-2024, Erwin mengatakan, sesuai aturan partai bahwa Ketua DPC yang akan berhak mengisi Ketua DPRD Basel.

"Alhamdulillah berdasarkan hasil konfercab PDIP bulan Juli yang lalu, saya terpilih menjadi ketua DPC PDIP Bangka Selatan," ujarnya. 

 

Demokrat Usulkan Samson Wakil Ketua

Sementara partai Demokrat yang menduduki peringkat tiga perolehan suara terbanyak dan dipastikan duduki Wakil Ketua dan kemungkinan besar akan dijabat Samson Asrimono. Hal itu sebagaimana disampaikan Sekretaris Demokrat Bangka Selatan, Wendy. 

"Memang aturan partai, Ketua DPC yang akan mengisi wakil pimpinan tapi memang tidak otomatis tetap keputusan dari DPP. Tapi kami semua pengurus partai DPC Demokrat Basel berharap dan mengusulkan Samson, selain jabat ketua beliau sudah berpengalaman di legislatif," tutur Wendy. 

 

Gerindra Masih Teka Teki

Sementara partai Gerindra yang menduduki peringkat dua perolehan suara terbanyak dan dipastikan menduduki kursi Wakil Ketua, namun masih teka teki siapa yang akan ditunjuk menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Basel periode 2019-2024. Pasalnya, Ketua DPC Gerindra Samsul Bahri, dianulir oleh KPU  sebagai anggota terpilih akibat divonis pidana Pemilu. (Astoni/wb)

Halaman