Parade Perahu Bagan Hingga Perlombaan Unik, Meriahkan Festival Kepulauan Pongok

Endi    •    Jumat, 16 Agustus 2019 | 23:22 WIB
Travel
Salah satu peserta Parade Perahu hias di Perairan Pongok, memajang foto para pahlawan kemerdekaan. (dag/wowbabel)
Salah satu peserta Parade Perahu hias di Perairan Pongok, memajang foto para pahlawan kemerdekaan. (dag/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - 80 unit perahu bagan milik nelayan di Kepulauan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung (Babel) melakukan parade di seputaran perairan Pongok, jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 74.

Perahu yang dihias sedemikian rupa dengan pernak-pernik bernuansa merah putih tersebut, merupakan transfortasi sekaligus alat tangkap ikan nelayan setempat yang ramah lingkungan.

Dalam parade, masyarakat dan tamu undangan dari berbagai instansi turut serta didalamnya, agar mereka ikut menikmati keindahan laut Pongok, sehingga mereka menyadari pentingnya menjaga kealamian laut, yang selama ini menjadi sumber kehidupan masyarakat.

Sementara disekitar Pelabuhan Pongok, berbagai perlombaan unik seperti lomba bekayau, dayung ketok, gebuk bantal hingga panjat pinang, menjadi hiburan menarik bagi warga setempat yang mayoritas berpropesi sebagai nelayan ini.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut, juga di isi dengan seleksi duta wisata dan sejumlah kegiatan lainnya.

Selain untuk memeriahkan HUT RI ke 74, kegiatan yang di inisiasi oleh DPD KNPI Babel ini juga bertujuan untuk memperkenalkan potensi wisata bahari di Kepulauan Pongok, yang selama ini belum banyak dikenal masyarakat luar.

"Kegiatan ini dalam rangka promosi wisata daerah dan juga perayaan HUT RI ke 74," kata Ketua KNPI Babel, Muhamad



1   2