Sumber Air Baku PDAM Babar Terancam Kering

Sumber air baku Kolong Babi sudah mulai surut dan mengering. Diprediksi kondisi air hanya bisa bertahan selama dua minggu.(rul/wb)
Sumber air baku Kolong Babi sudah mulai surut dan mengering. Diprediksi kondisi air hanya bisa bertahan selama dua minggu.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com --  Direktur PDAM Sejiran Setason Kabupaten Bangka Barat Abdi Nursahri ST mengungkapkan sumber air baku untuk masyarakat Bangka Barat khususnya Muntok mulai mengering saat ini.

"Kalau di Tempilang di daerah luar Muntok tidak begitu jadi masalah, kalau kemarau ini sebenarnya bukan kita saja tapi se-Indonesia, Bandung itu sudah heboh Jati Luhur tiap hari turun tiga puluh hingga empat puluh senti," tutur Abdi ketika ditemui wartawan, Sabtu (24/8/2019).

Abdi mengatakan saat ini sumber air baku di wilayah Muntok sudah mulai kering dan diperkirakan masih bertahan hingga dua minggu ke depan.

"Kalau Muntok ini rata-rata sumbernya dari Kolong Babi (Agro Tirto), dari waterpang kawasan Bukit Menumbing, Kolong Menjelang Satu dan Kolong Menjelang Dua,”  terang Abdi.

"Itulah untuk suplai air di Kota Muntok ini, kalau daerah lain, terbaik di Tempilang jangan khawatir, musim kemarau kemarin kolongnya masih banyak isinya, di Muntok ini kan mengharapkan dari tangkapan hujan Gunung Menumbing,” kata Abdi.

Direktur PDAM Sejiran Setason ini menjelaskan kapasitas pompa 70 liter/detik untuk Muntok dari Agro Tirto mulai dilakukan penghematan karena volume air sudah kurang dan meminta bantu sumber Kolong Menjelang untuk dikoneksikan.

Abdi mengimbau masyarakat mulai dari sekarang menghemat penggunaan air baku seperlunya dan berharap pemerintah daerah dapat mencari sumber air baku yang baru agar dapat diolah PDAM.

"Dan juga pembuatan booster-booster untuk jangkauan yang jauh agar lebih luas jangkauan yang terlayani, Muntok ini belum luas jaringan perpipaannya,” kata Abdi.

Abdi mengingatkan air bekas penambang mencuci timah jangan sampai mencemari sumber air baku.

"Daftar pelanggan di Muntok ini sekitar empat ribu tujuh ratusan setiap hari, jika hujan sekali saja sekarang bisa sedikit membantu lumayan mengisi persediaan sumber air baku," tukasnya.(rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE