RAPBD 2020, Bangka Fokus Pembangunan Wisata dan Infrastruktur

Dwi H Putra    •    Senin, 02 September 2019 | 19:58 WIB
Lokal
Suasana paripurna penyampaian RAPBD Kabupaten Bangka tahun 2020 di Gedung DPRD Bangka. (Dwi HP/wowbabel)
Suasana paripurna penyampaian RAPBD Kabupaten Bangka tahun 2020 di Gedung DPRD Bangka. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka sudah mengajukan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Bangka 2020 mulai diajukan dengan beberapa prioritas pembangunan. 

Salah satu sasaran untuk mewujudkan Bangka Setara adalah pembangunan pariwisata, sumber daya manusia, pelayanan publik dan infrastruktur. 

"Penyusunan RAPBD 2020 terpengaruh kondisi ekonomi nasional dan dunia.  Pertumbuhan ekonomi 2020 diharap meningkat lebih tinggi,  menumbuhkan lapangan kerja dan meningkatkan pemerataan," kata Bupati Bangka, Mulkan SH MH di Sungailiat, Senin (2/10/2019). 

RAPBD yang disusun diharap dapat mengoptimalkan peran kebijakan fiskal.  Pembangunan tahun 2020 dalam koridor Bangka Setara yang siap menghadapi dan mengatasi pembangunan di berbagai sektor. 

"Target Bangka Setara antara lain mewujudkan pariwisata bertaraf internasional,  pelayanan publik hingga pembangunan menyentuh kehidupan masyarakat yang dapat mengentaskan kemiskinan masyarakat," ujarnya. 

Mulkan menjelaskan prioritas pembangunan 2020 disusun dengan kriteria ketat dan terukur yang diharap terasa manfaatnya ke masyarakat, prioritas pembangunan 2020 antara lain infrastruktur, reformasi birokrasi, peningkatan sumber daya manusia, ketahanan pangan dan sumber baku air. 

"Diprediksi anggaran yang dibutuhkan anggaran belanja sekitar satu triliun delapan miliar lebih," jelas Mulkan. 

"Kami mengajak semua stakeholder bersama membangun, meningkatkan kualitas PAD mulai hari ini kami semua harus berkomitmen dengan bekerja benar dan penuh tanggungjawab, tuntas dan penuh integritas," paparnya. 

Pihaknya berharap RABPD Bangka 2020 akan diselesaikan oleh anggota DPRD Bangka periode 2014 - 2019 supaya berjalan lancar, sebab dikhawatirkan nanti bila dikerjakan anggota DPRD Bangka terpilih periode 2019 - 2024 akan bisa terkendala penyesuaian kinerja. 

Sementara, Ketua DPRD Bangka, Parulian Napitupulu, mengatakan dalam penyampaian RAPBD 2019 diikuti 22 orang anggota DPRD Bangka, RAPBD Bangka 2020 merupakan instrumen dalam upaya mengedepankan prioritas pembangunan di bidang pelayanan,  pembangunan infrastruktur dan meningkatkan pendapatan asli daerah. 

"Rancangan ini akan kami tindaklanjuti sesuai dengan mekanisme di DPRD Bangka," kata Parulian. 

"Kami harap rancangan ini berjalan baik dan lancar tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dan kepentingan umum," pungkasnya. (Dwi HP/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL