HUT Ke 42, Kajari Basel Berikan Kado 898 Juta Kepada Pemkab Bangka Selatan

Aston    •    Selasa, 03 September 2019 | 16:23 WIB
Lokal
Kajari Basel, Safrianto Zuriat Putra didampingi Kasi Pidsus Mgs Rudi, menyerahkan uang barang bukti kasus mamin Kepala Bakuda Agus Pratomo.(as/wb)
Kajari Basel, Safrianto Zuriat Putra didampingi Kasi Pidsus Mgs Rudi, menyerahkan uang barang bukti kasus mamin Kepala Bakuda Agus Pratomo.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Bertepatan dengan HUT Ke 42, Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan (Basel), Safrianto Zuriat Putra menyerahkan uang barang bukti kasus perkara tipikor makan minum (mamin) yang sudah mendapatkan ketentuan hukum tetap sebesar Rp 898 Juta, Selasa (3/9/2019).

Penyerahan uang barang bukti dilaksanakan di ruang kerja Kajari diterima langsung Plh Sekda Basel, Agus Pratomo yang sekaligus Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Pemkab Basel.

"Ini merupakan uang barang bukti perkara tindak pidana korupsi makan minum yang sudah selesai, sudah mendapat ketentuan hukum tetap atau inkrah, hari ini kita eksekusi pengembalian ke kas daerah dengan jumlah Rp 898.370,000," ujar Safrianto.

Ia mengatakan, jumlah kerugian negara dalam perkara yang menjerat tiga orang, yakni Endang, Yusuf, dan Suwandi itu sebesar Rp 1,6 miliar.

"Sisanya masih di terpidana Suwandi dan Endang yang belum dikembalikan. Pada Suwandi sebesar Rp 450 Juta sementara di terpidana Endang sebesar Rp 300 Juta. Keduanya ada niat untuk mengembalikan dengan dicicil.  Sebaiknya memang dikembalikan agar terpidana mendapatkan hak-haknya seperti remisi, bebas bersyarat dan sebagainya," tutur Safrianto

"Dan kalau dari kedua terpidana ada pengembalian akan kita kembalikan lagi ke kas daerah," sambungnya.

Uang barang bukti dari perkara tersebut langsung dikembalikan ke kas daerah Pemkab Basel.

"Langsung kita serahkan ke kas daerah. Pada umumnya



1   2