Mabes TNI AD : Desa Bikang Layak Dibangun Markas Kodim

Aston    •    Selasa, 03 September 2019 | 23:39 WIB
Lokal
Pejabat Mabes TNI AD dan Bupati Justiar Noer meninjau lokasi pembangunan Makodim di desa Bikang, Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)
Pejabat Mabes TNI AD dan Bupati Justiar Noer meninjau lokasi pembangunan Makodim di desa Bikang, Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Pejabat Markas Besar TNI AD Paban II/Jemen Srenad Kolonel Inf. Mukhlis berkunjung ke Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam rangka meninjau rencana lokasi pembangunan markas komando distrik militer (Makodim) Di Desa Bikang, Kecamatan Toboali, Bangka Selatan, Selasa (3/9/2019). 

Sebelum bertolak ke lokasi Desa Bikang, Paban II/Jemen Srenad Kolonel Inf. Mukhlis yang didampingi Asrendam II Sriwijaya Kolonel Harvin Kidinggalo dan Dandim 0413 Bangka Letkol Inf. Pujud Sudarmanto terlebih dulu berkunjung ke Kantor Bupati Justiar Noer. Dalam kesempatan itu, Justiar sedikit memaparkan kondisi daerah Negeri Junjung Besaoh Bangka Selatan. 

Kemudian rombongan  didampingi langsung Bupati bertolak ke Desa Bikang yang merupakan lokasi rencana pembangunan Makodim di daerah setempat. Namun, rombongan terlebih dulu mampir ke Masjid Desa setempat guna melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah dan makan siang bersama di pelataran masjid. 

Tiba dilokasi rencana pembangunan, Paban II/Jemen Srenad Kolonel Inf. Mukhlis meninjau langsung lokasi yang akan dijadikan markas komando distrik militer. Didampingi Justiar, pejabat Mabes TNI AD itu melihat denah rencana pembangunan seraya melihat lokasi yang berada di bibir jalan raya Desa Bikang tersebut. 

Kepada awak media, Mukhlis mengatakan bahwa secara lokasi Desa Bikang sudah layak untuk dibangun markas komando distrik militer. 

"Sangat bagus, berada dijalan utama jalan nasional menuju ibu kota provinsi. Lokasi juga strategis dekat dengan markas kepolisian dan fasilitas umum penunjang lainnya. Jadi sangat bagus strategis dan sangat mendukunglah," kata Paban II/Jemen Srenad Mabes AD Kolonel Inf. Mukhlis.

Lanjutnya, tahapan selanjutnya tinggal program rencana pembangunan yang ditargetkan pada tahun 2020 mendatang. 

"Kita harapkan terealisasi secepatnya tahun 2020 mendatang sudah pembangunan, apalagi program dari pemerintah bangka selatan untuk mengembangkan kawasan strategis jadi perlu backup stabilitas pertahanan dan keamanan daerah," tuturnya.

"Dengan lokasi yang sudah memenuhi syarat mudah-mudahan tidak ada kendala, terima kasih juga kepada pak Bupati yang sangat mendukung dengan sudah menyiapkan lahan," sambungnya.

Sementara, Bupati Justiar Noer ketika disinggung awak media apakah sudah perlu kehadiran Markas Komando Distrik Militer di daerah setempat, Ia  menegaskan bahwa Bangka Selatan perlu stabilitas keamanan daerah mengingat Bangka Selatan tengah mengembangkan kawasan industri yang sudah masuk dalam program strategis nasional. 

"Kehadiran Kodim salah satu simultan percepatan antara keinginan kita untuk membangun daerah industri, tambah lagi  menjadi kawasan strategis yang sudah menjadi program strategis nasional, sehingga perlu penguatan kelembagaan lagi," kata Justiar. 

"Investasi tidak akan nyaman kalau ini tidak didukung. Investor selalu nanya  kira-kira aman gak pak kami bangun di Basel. Jadi kita harus menggabungkan kekuatan itu, rencana pembangunan dan jaminan mereka (investor--red) berusaha," sambungnya. 

Investor lanjut Justiar perlu jaminan dari pemerintah daerah, terutama jaminan keamanan. 

"Mereka (investor--red) memberikan kontribusi kepada masyarakat, membuka lapangan pekerjaan meningkatkan perkapita masyarakat dan lain-lain, jadi perlu kita dukung terutama keamanan daerah," imbuhnya. 

Ia menambahkan, pemerintah daerah telah menyiapkan lahan yang strategis untuk pembangunan markas kodim sebagai bentuk dukungan pemerintah.

Desa Bikang rencana dijadikan lokasi sudah dipersiapkan Pemerintah dengan terlebih dulu dibangunnya pasar rakyat bertujuan mempercepat pengembangan wilayah di daerah setempat. 

"Kalau kurang, apa kurangnya saya akan ngisinya akan kita pancing terus supaya jadi, lahan sudah ada. Dan yang pasti kita pemerintah daerah siap suport," tukas Justiar. (ADV)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL