Kejari Basel Tunggu Surat Kuasa Khusus Tindak Empat Perusahaan yang Belum Kembalikan Uang Negara

Aston    •    Kamis, 05 September 2019 | 14:35 WIB
Lokal
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Basel, Safrianto Zuriat Putra.(ist)
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Basel, Safrianto Zuriat Putra.(ist)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Kejaksaan Negeri Bangka Selatan (Basel) menyatakan siap menindak empat perusahaan yang belum mengembalikan uang negara kepada pemerintah setempat dari hasil temuan BPK RI.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Basel, Safrianto Zuriat Putra mengatakan, untuk menindak empat perusahaan yang belum mengembalikan uang hasil temuan BPK RI, diperlukan surat kuasa dari Pemkab Basel kepada Kejari sebagai pengacara negara.

"Kami  masih menunggu Surat Kuasa Khusus dari Pemkab Basel memberikan kuasa kepada jaksa pengacara negara," ujar Safrianto Zuriat Putra, Kamis (5/9/2019).

Disampaikan Safrianto, saat ini pihaknya sudah menerima surat permintaan bantuan pembinaan kepada empat perusahaan tersebut.

" Tadi pagi Plt Inspektur Pemkab Basel sudah menyerahkan surat permintan bantuan pembinaan terhadap pihak ketiga yang belum melaksanakan kewajibannya untuk menyetorkan temuan BPK RI ke Kas Daerah," kata Safrianto

"Dan akan segera kami tindak lanjuti. Saat ini sedang ditelaah terlebih dahulu nanti hasil telaahan staf akan ditentukan langkah penangannya," sambungnya.

Ia menuturkan, kejaksaan terlebih dahulu mengedepankan langkah preventif yaitu melakukan penagihan kepada pihak ketiga dengan menugaskan Jaksa Pengacara Negara untuk melakukan negosiasi dan meminta pihak ke tiga tersebut untuk segera menyetor temuan BPK RI  ke kas daerah.

"Mudah-mudahan dengan langkah ini tunggakan pihak ketiga tersebut d



1   2