Pemkab Bangka Bakal Ajukan Pengalihan Rusunawa

Dwi H Putra    •    Kamis, 05 September 2019 | 11:43 WIB
Lokal
Bupati Bangka, Mulkan SH MH ketika meninjau Rusunawa yang berlokasi di Kawasan Nelayan II Sungailiat.(dwi/wb)
Bupati Bangka, Mulkan SH MH ketika meninjau Rusunawa yang berlokasi di Kawasan Nelayan II Sungailiat.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka bakal mengajukan pengalihan aset Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang berlokasi di Nelayan II Sungailiat sebagai aset pemerintah daerah.

"Rusunawa yang dibangun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 11,9 miliar ini masih aset pusat, belum diserahkan ke Pemkab Bangka, jadi bakal kami ajukan pengalihannya," kata Bupati Bangka, Mulkan SH MH saat meninjau Rusunawa di Sungailiat, Kamis (5/9/2019).

"Pemkab saat ini hanya sebatas pengelola saja jadi belum memiliki hak penuh untuk yang lainnya," ujarnya.

Dijelaskan Mulkan, pemerintah membangun Rusunawa ini bertujuan untuk mengurangi pemukiman kumuh terkhusus di kawasan pemukiman Nelayan II Sungailiat.

Tapi tidak menutup kemungkinan, penempatan Rusunawa ini bisa secara umum terutama bagi masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal secara mandiri.

"Kami juga masih berkoordinasi dengan Kementerian Perumahan Rakyat (Menpera) terkait peresmiannya, ditargetkan secepatnya kalau bisa sebelum akhir September ini," jelas Mulkan.

Ditambahkannya jika nanti pengalihan Rusunawa sudah diserahkan ke Pemkab Bangka, pengelolaan akan diserahkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bangka atau Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Bangka.

"Saat ini perawatan gedung Rusunawa masih tanggung jawab kontraktor, sebab belum diserahkan ke Pemkab Bangka,"



1   2