Buru Penambang Liar Kaki Menumbing, Satpol PP Jadi Tom and Jerry

Chairul Aprizal    •    Selasa, 10 September 2019 | 17:19 WIB
Lokal
Satpol PP Bangka Barat kembali menertibkan akfitas tambang liar di kaki Bukit Menumbing.(rul/wb)
Satpol PP Bangka Barat kembali menertibkan akfitas tambang liar di kaki Bukit Menumbing.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Satpol PP Kabupaten Bangka Barat kembali mengamankan barang bukti peralatan tambang liar di kaki Bukit Menumbing, Selasa (10/09/2019).

Saat ini razia sudah digelar dua hari berturut-turut, menyisir kaki Menumbing dekat Pos I Menumbing namun tak berhasil menangkap pelaku hanya mampu mengamankan barang bukti.

"Pos satu yang beberapa waktu lalu pernah dirazia Gakkum Pangkalpinang ternyata masih beraktivitas juga ditemukan, juga ditertibkan, karena siang tadi mesinnya ada asapnya tapi kemungkinan mereka bekerja malam hari, jadi barang bukti kita amankan," kata Kasatpol PP Kabupaten Bangka Barat Sidarta Gautama ketika dikonfirmasi di kantornya.

Sidarta mengatakan tidak dapat bekerja sendirian karena wewenangnya hanya menegak perda sementara yang dilanggar hutan konservasi. Akan tetapi sudah mulai berkoordinasi dengan Kodim 0431/BB dan akan berkoordinasi dengan Polres Bangka Barat agar dapat melakukan penindakan hukum.

"Pol PP back up karena niat kami jangan sampai dikatakan kami membiarkan, beberapa gerakan kita kali ini, masih kita proses, ini kan masuknya hutan penyangga lindung Konservasi (HK) jadi diatas perda  itu ranah penyidik. Kami  hanya jadi Tom and Jerry saja setelah itu kami serahkan ke ranah hukum penyidik kalaupun masuk tahura (Taman Hutan Rakyat) kami akan dalami," terang Sidarta.

Sebanyak 20 anggota Satpol PP yang diterjunkan dengan dipimpin Kabid Gakkum Des Kurniawan dan Dan Unit Inteldim 0



1   2