Pura-pura Beli Baju, Hartati ‘Gondol’ Tas Berisi Cek Rp 1,7 M

Firman    •    Rabu, 11 September 2019 | 13:45 WIB
Lokal
Tim Opsnal Polres Pangkalpinang, berhasil mengamankan pelaku pencurian seorang ibu rumah tangga (IRT) Hartati (38) warga Kelurahan Kacang Pedang, Kecamatan Gerunggang, Pangkalpinang, Jumat (3/9/2019) sekitar pukul 18.45 WIB.(fn/wb)
Tim Opsnal Polres Pangkalpinang, berhasil mengamankan pelaku pencurian seorang ibu rumah tangga (IRT) Hartati (38) warga Kelurahan Kacang Pedang, Kecamatan Gerunggang, Pangkalpinang, Jumat (3/9/2019) sekitar pukul 18.45 WIB.(fn/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com  -- Tim Opsnal Polres Pangkalpinang, berhasil mengamankan pelaku pencurian seorang ibu rumah tangga (IRT) Hartati (38) warga Kelurahan Kacang Pedang, Kecamatan Gerunggang, Pangkalpinang, Jumat (3/9/2019) sekitar pukul 18.45 WIB.

Hartai diamankan polisi lantaran diduga telah melakukan tindak pencurian disebuah ruko milik  Wahyuni Maidalena di kawasan Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Pangkalbalam Pangkalpinang.

Kabag Ops Polres Pangkalpinang Kompol Jadiman Sihotang menerangkan, modus pelaku dalam melancarkan aksinya berpura-pura sebagai pembeli.

"Waktu itu tersangka Hartati (38), masuk ke sebuah ruko milik Wahyuni Maidalena yang berjualan pakaian dan kemudian tersangka pura-pura mengecek baju-baju di toko tersebut," kata Kabag Ops Kompol Jadiman Sihotang yang didampingi Kasubag Ipda Sianturi dan Brigadir Nasrun.

Selain itu menurut Kabag Ops ketika sang pemilik lengah, kemudian Hartati mengambil sebuah tas warna hitam milik korban dan langsung melarikan diri menggunakan sepeda motor.

"Kalau uang yang diambil tersangka waktu itu, hanya 350 ribu rupiah yang disimpan didalam tas berwarna hitam, namun ada cek uang senilai Rp 1,7 miliar dan barang-barang berharga lainnya," ungkap Jadiman.

Barang bukit yang berhasil diamankan dari tersangka, antara lain satu buah tas warna hitam yang didalamnya berisi cek uang senilai Rp 1,7 miliar dan 2 buah BPKB kendaraan roda dua, 1 buah BPKB kendaraan roda empatm, 4 buah STNK kendaraan roda dua, 2 buah STNK mobil, 2 buah buku KIR mobil, 9 buah buku tabungan, 2 buah buku nikah, 8 buah kartu ATM, 5 buah KTP serta 4 buah dompet dan 1 buah Sim C.

"Jadi total keseluruhan barang bukti (BB) yang berhasil kita amanakan dari tangan tersangka sekitar Rp 1,8 miliar," jelas Kompol Jadiman Sihotang.

Jadiman menambahkan tersangka dalam setiap melancarkan aksinya hanya seorang diri, dan ia pun sudah beberapa kali melakukan pencurian.

"Akibat perbuatannya tersangka Hartati dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian dan diancam dengan hukum pidana paling lama lima tahun penjara," tegas Kompol Jadiman.

Sementara itu Hartati mengakui perbuatannya tersebut. "Saya melakukan hal tersebut, karena faktor ekonomi dan waktu anak saya pun lagi sakit," ujarnya.

Hartati juga mengaku, dirinya beserta keluarga belum lama tinggal di Bangka.

"Baru saya dan suami serta anak-anak tinggal di Bangka, karena sebelumnya kami tinggal di Palembang, saya pun mempunyai empat orang anak," jelas Hartati dengan wajah tertunduk lesu.

Dirinya menceritakan kalau suaminya bekerja di sebuah bengkel di Pangkalpinang. "Suami saya juga tinggal di Pangkalpinang dan bekerja di sebuah bengkel," tukas Hartati.(fn/wb)

 

Halaman