Upayakan Data Berkualitas, Naker Basel 'Jemput Bola' ke Perusahaan

Jurnalis_Warga    •    Rabu, 11 September 2019 | 14:48 WIB
Lokal
Pegawai Disnaker Basel usai mengunjungi salah satu perusahaan di Basel. (Ist)
Pegawai Disnaker Basel usai mengunjungi salah satu perusahaan di Basel. (Ist)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melalui Bidang Tenaga Dinas Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DTKTKUKM), saat ini fokus melaksanakan pendataan tenaga kerja dan Pembinaan Hubungan Industrial ke perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten setempat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas DTKTKUKM Kabupaten Basel, Basu Priatna melalui Kabid Tenaga Kerja, Hivia Sari Dewi.

Menurut Hivia, data ketenagakerjaan sangat berperan besar dalam perumusan, penerapan, evaluasi dan penyempurnaan kebijakan strategis program ketenagakerjaan, khususnya di Bumi 'Junjung Besaoh'.

"Kita ketahui bersama, strategi dan program ketenagakerjaan, sangat bergantung pada kualitas data yang dipergunakan. Oleh karena itu, data ketenagakerjaan harus tersedia secara lengkap, akurat dan terpercaya," ujar Hivia kepada wartawan.

Lebih lanjut, Hivia menerangkan pihaknya dalam pendataan tenaga kerja ini melibatkan dua seksi, yakni seksi Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Tenaga Kerja serta seksi Pembinaan Hubungan Industrial dan Jamsos.

"Kita ingin pastikan data yang diperoleh benar-benar akurat dan terpercaya, untuk itu kita 'jemput bola' langsung ke perusahaan. Berapa jumlah pekerjanya?, apakah sudah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan? bagaimana  kondisi hubungan kerjanya?. Jangan sampai ada permasalahan di lapangan kita tidak tahu," tegasnya.

Menambahkan,



1   2