Berikan Pendidikan Bencana, Tagana Masuk Sekolah

Dwi H Putra    •    Kamis, 12 September 2019 | 20:33 WIB
Lokal
Kegiatan sosialisasi Mitigasi Penanggulangan Bencana yang dilaksanakan Tagana Bangka bertemakan Tagana Masuk Sekolah. (Dwi HP/wowbabel)
Kegiatan sosialisasi Mitigasi Penanggulangan Bencana yang dilaksanakan Tagana Bangka bertemakan Tagana Masuk Sekolah. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bangka mensosialisasikan Mitigasi Penanggulangan Bencana kepada siswa siswi sekolah mulai tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP) bertemakan Tagana Masuk Sekolah (TMS). 

Kegiatan ini merupakan arahan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Sosial, dengan memberikan pendidikan dasar keterampilan kepada siswa.

"Kemensos menyampaikan edaran ke Dinas Sosial (Dinsos) provinsi kemudian dilanjutkan ke Kabupaten, sehingga bisa berjalan sesuai harapan seperti saat ini," kata Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Dinsos Bangka, Aris Munandar melalui Koordinator Tagana Bangka, Mustam di Sungailiat, Kamis (12/9/2019). 

"Terkait sosialisasi ini kami membentuk TMS dari 35 anggota Tagana Bangka, bergerak ke sekolah-sekolah di Bangka," ujarnya. 

Lanjutnya ada pun dalam sosialisasi ini Tim Tagana Bangka memberikan nuansa yang positif kepada siswa siswi seperti deteksi dini tentang kebencanaan, simulasi penangganan bencana dan mitigasi bencana di dunia pendidikan. 

"Ada beberapa sekolah yang kami datangi, terutama sekolah yang daerahnya menjadi fokus rawan bencana seperti SDN 6 Desa Deniang, SDN 10 Desa Air Duren Pemali, SDN 4 Desa Sempan, SLTP 3 dan MTs Desa Labu," papar Mustam. 

"Kami harap dengan adanya sosialisasi ini, siswa siswi sekolah setidaknya sudah mengetahui apa yang harus dilakukan saat ada benc



1   2