November Masuk Tahapan, Anggaran Pilkada Basel Baru Diajukan Tahun 2020

Aston    •    Kamis, 12 September 2019 | 21:45 WIB
Pilkada
Plh Sekda Pemkab Basel, Agus Pratomo. (Astoni/wowbabel)
Plh Sekda Pemkab Basel, Agus Pratomo. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Kendati tahapan Pilkada mulai bergulir pada akhir tahun 2019, tepatnya bulan November, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) belum mengalokasikan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Basel 2020.

Plh Sekretariat Daerah (Sekda) Basel, Agus Pratomo mengatakan, anggaran Pilkada baru akan dimasukkan pada pembahasan anggaran APBD induk tahun 2020. 

"Pengajuan dana pilkada sudah ada 30-an miliar, tapi baru akan kita masukkan pada anggaran APBD induk tahun 2020," kata Agus Pratomo, Kamis (12/9/2019). 

Menurut Agus yang sekaligus menjabat Kepala Badan Keuangan Daerah itu, belum dimasuknya anggaran Pilkada, bukan disebabkan adanya defisit anggaran sehingga belum dimasukkan pada APBD Perubahan, namun dikarenakan belum keluarnya juknis KPU dan Bawaslu dari Kementerian Keuangan. 

"Masih nunggu acuan standar biaya dari kementerian Keuangan yang akan menjadi juknis KPU dan Bawaslu. Memang permasalahan ini masih dalam pembahasan, saya juga pernah ikut pembahasan dua kali. Jadi kita masih nunggu biar ada kesamaan sehingga kita masukkan dalam APBD induk 2020," jelasnya. 

"Kita juga berkoordinasi dengan kabupaten lain yang sama-sama menyelenggarakan Pilkada," sambungnya.

Perihal tahapan Pilkada yang sudah mulai dilaksanakan pada bulan November 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan telah menyiapkan anggaran sementara sebesar Rp 1Miliar dari anggaran APBD-P 2019. 

"Permasalahan taha



1   2