Tak Miliki Dokumen, 62 Kg Daging Beku Dimusnahkan

HendriDede    •    Kamis, 12 September 2019 | 13:04 WIB
Lokal
Daging beku yang dimusnahkan Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang
Daging beku yang dimusnahkan Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang melakukan pemusnahan terhadap daging sapi beku tanpa dilengkapi dokumen sertifikat sanitasi produk hewan sebanyak 62 kilogram, Kamis (12/9/2019).

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang, Drh. Saifuddin Zuhri, mengatakan pada Jumat (10/5/2019) lalu bertempat di gudang kargo Bandara Depati Amir dilakukan tindakan karantina penahanan terhadap daging sapi beku sebanyak dua coli sekitar 62 kilogram.

"Penahanan tersebut dikarenakan tidak dilengkapi dokumen sertifikat sanitasi produk hewan dari daerah asal dan tidak melapor kepada petugas karantina guna dilakukan tindakan karantina," ujarnya.

Saifuddin mengungkapkan, tindakan karantina penahanan berawal dari Petugas Karantina Hewan Risma Indra P, mencurigai barang yang dibungkus dengan karung dan kardus yang berasal dari Bandara Soekarno Hatta melalui penerbangan Sriwijaya Air.

"Setelah dilakukan pemeriksaan atas persetujuan penanggungjawab barang (ekspedisi) dan disaksikan Avsec, maka ditemukan adanya daging sapi beku dan tidak dilengkapi dengan dokumen karantina," tukasnya.

Dia menyebut, petugas karantina melakukan tindakan karantina penahanan dengan mengeluarkan surat perintah penahanan dan berita acara penahanan terhadap daging sapi beku tersebut. Kemudian oleh petugas karantina, diterbitkan berita acara penolakan atau 9b supaya dalam waktu 3 x 24 jam segera dikembalikan ke daerah



1   2