DPRD Sahkan Raperda Tentang Anak dan Perempuan

Dwi H Putra    •    Jumat, 13 September 2019 | 14:55 WIB
Lokal
Penandatanganan Raperda APBD Bangka tahun 2020 oleh Bupati Bangka, Ketua DPRD serta Wakil Ketua 1 dan 2 DPRD Bangka.(dwi/wb)
Penandatanganan Raperda APBD Bangka tahun 2020 oleh Bupati Bangka, Ketua DPRD serta Wakil Ketua 1 dan 2 DPRD Bangka.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Panitia khusus (Pansus) Satu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka akhirnya mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Anak, Raperda Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan Anak Sebagai Satu Kesatuan dan Raperda Perlindungan Kepada Anak dan Perempuan.

Raperda tersebut secara komprehensip untuk melindungi hak-hak anak dan perempuan, yang selama ini dinilai masih belum berjalan dan terlaksana dengan baik di daerah itu.

"Kami harap dengan adanya peraturan daerah (Perda) ini tidak ada lagi anak dibully dan membully, kekerasan anak dari orang dewasa," kata Ketua Pansus Satu DPRD Bangka, Rudy Budiono di Sungailiat, Jumat (13/9/2019).

"Dan tak ada lagi kekerasan asusila dari orang terdekat, di lingkungan keluarga dan sekolah," ujarnya.

Lanjutnya dengan adanya perda ini tak ada lagi kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan verbal dan non verbal terhadap perempuan, apalagi perda ini juga memperhatikan soal kesetaraan gender, hak-hak perempuan di ruang publik.

DPRD Bangka berharap dengan adanya perda ini  juga diarahkan penyediaan fasilitas di ruang publik bagi anak dan perempuan, perda ini pun diharap membentuk generasi khususnya anak agar lebih baik bagi bangsa di masa mendatang. 

"Satu lagi raperda ikut dibahas Pansus Satu terkait hak-hak manusia, yakni Raperda tentang Pengarusutamaan Gender, raperda ini nantinya ikut memberi perhatian bagi kalangan manusia l



1   2