Hadirkan Pelayanan Berbasis Online, Bukit Intan Jadi Kota Digital

Hendri Dede PKP    •    Senin, 16 September 2019 | 19:17 WIB
Tekno
Peresmian kecamatan Bukit Intan sebagai Kota Digital pertama di Kota Pangkalpinang. (Dede/wowbabel)
Peresmian kecamatan Bukit Intan sebagai Kota Digital pertama di Kota Pangkalpinang. (Dede/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Kecamatan Bukit Intan secara resmi dinobatkan sebagai Kota Digital di Pangkalpinang, Senin (16/9/2019). Peresmian secara simbolik dilakukan oleh Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil dengan penandatangan prasasti dalam Soft Launching Bukit Intan Kota Digital.

Pria yang akrab disapa Molen ini mengungkapkan rasa bangganya terhadap Camat Bukit Intan yang telah menghadirkan program kota digital di kota Pangkalpinang.

"Kemarin saya Ke Malang dan mempelajari hal ini, dan butuh 13 tahun untuk mereka mewujudkannya, untuk itu tidaklah mudah perlu sinergi yang kuat dari kita semua," ujarnya. 

Molen pun berjanji, Pemkot Pangkalpinang akan terus mendukung program tersebut. Menurutnya, mewujudkan hal tersebut tidak mudah dan memerlukan suatu sinergi bersama yang kuat.

"Mari kita bantu, karena ini sangat bagus sekali, karena pekerjaan ini bukan demi kepentingan pribadi siapapun, namun untuk kepentingan masyarakat," tukas Molen.

Camat Bukit Intan, Efran pun menjabarkan sejumlah variasi atas inovasi dari dari program tersebut. Mulai dari pelayanan administrasi kependudukan yang ada di kelurahan, pemberdayaan masyarakat dan kelompok, pelibatan seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan.

Misalnya, Pelanduk (Sistem Pelayanan Langsung Kepada Penduduk), SIMPANAN TUAN (Sistem Perencanaan Untuk Perempuan), SI MANDA (Sistem Manajemen Daftar Hadir). 

Sementara SI Pelanduk, lanjutnya, lebih menyentuh aspek yang berbeda. SI PELANDUK merupakan perpanjangan fungsi PATEN Kecamatan. SI PELANDUK lebih menyentuh pelayanan administrasi yang berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang dapat diakses secara online melalui aplikasi yang dapat di Play Store.

Efran menyebut, program dengan didasarkan aplikasi ini hadir sebagai hadiah HUT 262 Pangkalpinang. Tidak hanya sekedar acara seremonial, namun apa yang dicanangkan ini dapat membantu pelayanan di kecamatan dan kelurahan kepada masyarakat.

"Ini merupakan hadiah untuk Pangkalpinang, kami menghadirkan ini sebagai bentuk kemudahan pelayanan  masyarakat hanya dengan digital," kata Efran. (Dede/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL