Jelang Pilbup Basel, Sofian dan Alfian Pilih Jalur Independen

Aston    •    Kamis, 19 September 2019 | 20:59 WIB
Pilkada
Sofian AP (Kiri) dan Alfian (Kanan) saat berkonsultasi ke kantor KPU Basel terkait persyaratan pencalonan jalur Independen di Pilkada Basel 2020. (Astoni/wowbabel)
Sofian AP (Kiri) dan Alfian (Kanan) saat berkonsultasi ke kantor KPU Basel terkait persyaratan pencalonan jalur Independen di Pilkada Basel 2020. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan, sebentar lagi akan dimulai. Nama-nama figur bakal calon sudah mulai bermunculan. Namun, sejauh ini baru dua nama yang sudah menyatakan keseriusan untuk ikut bertarung dalam Pilkada Basel 2020 mendatang. 

Kedua figur bakal calon itu adalah Sofian AP dan Alfian. Keduanya mengisyaratkan akan ikut bertarung dalam Pilkada Basel, yang dibuktikan dengan kedatangan mereka ke kantor KPU Basel untuk berkonsultasi. Sofian maupun Alfian menyatakan tidak menggunakan kereta partai politik, melainkan melalui jalur independen alis jalur perseorangan.

"Iya benar, pertama Sofian AP yang pekan kemarin datang ke KPU dalam rangka konsultasi terkait jalur independen atau perorangan, kemudian ada nama Alfian yang hari Rabu kemarin datang ke KPU, tujuannya sama konsultasi terkait pencalonan melalui jalur independen," ujar Amri, Kamis (19/9/2019). 

Kata Amri, keduanya berkonsultasi terkait jumlah dukungan untuk mencalonkan diri melalui jalur independen, karena jumlah dukungan merupakan syarat wajib bagi calon yang memilih jalur tersebut.

Namun, dijelaskan Amri bahwa KPU belum menetapkan jumlah minimal dukungan untuk persyaratan pencalonan jalur independen. 

"Saat ini kita (KPU--red) belum menetapkan persyaratan jumlah minimal dukungan jalur perorangan, karena sesuai  PKPU Nomor 15 Tahun 2019, tahapan penetapan per



1   2