931 Warga di Bangka Terkena ISPA

Dwi H Putra    •    Minggu, 22 September 2019 | 17:45 WIB
Lokal
Petugas dari Dinas Kesehatan Bangka saat membagikan masker kepada masyarakat. (Dwi HP/wowbabel)
Petugas dari Dinas Kesehatan Bangka saat membagikan masker kepada masyarakat. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -  Musim kemarau ditambah kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda sejumlah daerah di Kabupaten Bangka, mengakibatkan sebanyak 931 warga di daerah itu terserang Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). 

"Selama minggu pertama dan kedua bulan September ini terdata sebanyak 931 orang menderita ISPA di Bangka ini tersebar di delapan kecamatan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti di Sungailiat, Minggu (22/9/2019). 

"Penderita balita di minggu pertama ada 221 orang dan > 5 tahun sebanyak 257 orang, lalu pada minggu kedua untuk balita ada 206 orang dan > 5 tahun ada 247 orang," paparnya. 

Then Suyanti menjelaskan penderita ISPA di delapan kecamatan itu terdata di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) diantaranya  Puskesmas Sungailiat sebanyak 166 orang, Puskesmas Sinar Baru sebanyak 16 orang, Puskesmas Kenanga sebanyak 122 orang, Puskesmas Pemali sebanyak 99 orang, Puskesmas Bakam sebanyak 59 orang, Puskesmas Belinyu sebanyak 88 orang, Puskesmas Gunung Muda sebanyak 73 orang, Puskesmas Riau Silip sebanyak 38 orang, Puskesmas Batu Rusa sebanyak 96 orang, Puskesmas Puding Besar sebanyak 83 orang, Puskesmas Petaling sebanyak 48 orang dan di Puskesmas Penagan sebanyak 44 orang. 

"Kami imbau kepada masyarakat untuk menghindari dan mengurangi aktifitas diluar rumah, jika terpaksa pergi maka harus menggunakan masker penutup mulut dan hidung," jelas Then Suyan



1   2