Bangka Tengah Dikepung Asap

Endi    •    Minggu, 22 September 2019 | 20:46 WIB
Lokal
Relawan PMI saat membagikan masker dan mengecek lokasi kabut asap di Desa Penyak, Kabupaten Bangka, Minggu (22/9/2019). (Dag/wowbabel)
Relawan PMI saat membagikan masker dan mengecek lokasi kabut asap di Desa Penyak, Kabupaten Bangka, Minggu (22/9/2019). (Dag/wowbabel)

KOBA, www.wowbabel.com - Bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) juga melanda Kabupaten Bangka Tengah dan berdampak pada beberapa desa.

Salah satu kawasan terparah terdampak paparan asap yakni Desa Penyak, Kecamatan Koba. Di desa ini, kabut asap mulai kepung pemukiman warga sejak pagi hari. 

"Kondisi di Desa Penyak masih relatif aman, namun memasuki jam 8 pagi asap mulai menebal memasuki pemukiman," kata Sekretaris PMI Babel, Mardani, disela kegiatan pembagian masker ke warga, Minggu (22/9/2019).

Dia mengatakan, akibat peristiwa ini jarak pandang cukup minim, sehingga aktivitas warga menjadi terganggu.

"Jarak pandang hanya sekitar 20 meter. Untuk itu pengendara yang melintas di kawasan ini baik dari Pangkalpinang menuju Koba maupun sebaliknya menyalakan lampu kendaraannya dan memelankan laju kendaraan," harapnya.

Warga juga diimbau untuk tidak dengan sengaja membakar lahan, untuk alasan apapun.

"Kami juga imbau yang akan mau membuka lahan baru diharap menahan diri dulu, karena asap-asap ini berasal dari kebakaran lahan disekitaran desa," imbuhnya. (Dag/wb)