Desa di Puding Besar Tercemar Kabut Asap

Dwi H Putra    •    Minggu, 22 September 2019 | 17:51 WIB
Lokal
Kepala PMI Bangka didampingi sejumlah petugas menyerahkan bantuan masker disaksikan Camat Puding Besar. (Dwi HP/wowbabel)
Kepala PMI Bangka didampingi sejumlah petugas menyerahkan bantuan masker disaksikan Camat Puding Besar. (Dwi HP/wowbabel)

PUDING BESAR, www.wowbabel.com - Kabut asap mencemari desa-desa yang ada di Kecamatan Puding Besar sejak satu minggu terakhir, guna mengantisipasi meningkatnya penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA)  Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Puding Besar berkoordinasi dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit (RS) Safrie Rachman. 

"Kami terus berkoordinasi dengan puskesmas dan RS Safrie Rachman, supaya Instalasi Gawat Darurat (IGD) selalu standby 24 jam, supaya bisa menangani warga yang terserang ISPA," kata Camat Puding Besar, Ismir di Puding Besar, Minggu (22/9/2019). 

"Kabut asap ini melanda desa-desa di Puding Besar sejak seminggu terakhir ini, disinyalir akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)," ujarnya. 

Dijelaskan Ismir, pihaknya juga beberapa hari terakhir ini menerima bantuan masker penutup mulut dan hidung dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, dibagikan kepada masyarakat di beberapa desa yang terpapar kabut asap. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada PMI dan Dinkes Bangka yang sudah membantu pembagian masker kepada masyarakat," jelas Ismir. 

"Kami imbau kepada masyarakat untuk tidak beraktifitas diluar rumah jika memang tidak perlu, guna menghindari kabut asap ini," paparnya. 

Sementara, Kepala PMI Kabupaten Bangka, Tego, menjelaskan pembagian masker ini merupakan salah satu upaya dari PMI Bangka untuk membantu masyarakat, supaya dapat beraktifitas di lua



1   2