Kemarau Panjang, Ribuan Orang Gelar Sholat Minta Hujan

Endi    •    Senin, 23 September 2019 | 09:48 WIB
Lokal
Shalat Istisqa di halaman kantor Gubernur Babel. (Dag/wowbabel)
Shalat Istisqa di halaman kantor Gubernur Babel. (Dag/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -  Ribuan orang menggelar sholat Istisqo', memohon diturunkannya hujan, di halaman Kantor Gubernur Bangka Belitung (Babel), Senin (23/9/2019).

Sholat yang diikuti ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemrov Babel, pelajar dan masyarakat umum ini, dilaksanakan setelah sejumlah wilayah di tanah air dilanda kemarau panjang termasuk di Babel.

"Kita berharap hujan segera datang, yang mana sholat minta hujan ini memang dianjurkan dalam agama kita untuk dilaksanakan ketika kekeringan sudah sangat parah dan panjang," kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, usai sholat.

Dalam sholat ini, doa dipanjatkan agar hujan turun untuk mengurangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta kabut asap yang sejak sepekan belakangan mulai menyelimuti.

Selain itu, hujan diharapkan dapat membantu masyarakat memperoleh air bersih, mengingat kekeringan juga melanda sejumlah wilayah di Babel, dampak dari kemarau panjang.

"Kita berharap dalam doa Allah kabulkan, lahan-lahan pertanian kita bisa seger basah, sehingga bisa menghasilkan hasil pertanian yang baik," harapnya.

Berdasarkan data BPBD Babel, sebanyak 1.700 hektar hutan dan lahan telah terbakar dan tersebesar di lebih dari 300 titik di Babel.

Kebakaran lebih disebabkan oleh faktor kesengajaan, untuk membuka lahan baru.

"Kini pihak keamanan TNI/ Polri tengah memburu pelaku pembakaran hutan dan lahan. Untuk itu jangan sembarang



1   2